-->

Inilah Beberapa Bahan Oles Roti Agar Permukaan Mengkilap



Inilah Beberapa Bahan Oles Roti Agar Permukaan Mengkilap

Saat di toko roti, pasti menyenangkan melihat roti-roti yang terlihat mengkilap karena nampak nikmat untuk dimakan. Sebelum dipanggang roti-roti ini memang diberi olesan biar permukannya indah dan membangkitkan selera.

Namun tahukah bunda, bahan apa saja yang bisa dijadikan bahan olesan roti sebelum dipanggang biar permukaannya mengkilap? Mari simak ulasan berikut ini.

1. Kuning telur
Kuning telur akan memberikan warna kuning keemasan mengkilap dan dapat menambah rasa gurih pada roti dan kue yang dipanggang. Caranya cukup mencampurkan 1 butir kuning telur dan 1 sdm air. Saring campurannya sebelum dioles agar panggangan bagus.

2. Putih telur
Putih telur yang dicampurkan sedikit air adalah yang paling umum dipakai sebagai bahan pengkilap roti. Usahakan campurnya tidak terlalu kental agar roti tidak kaku.

3. Mentega atau margarin
Lemak seperti mentega dan margarin adalah andalan jika ingin mengkilapkan roti. Caranya, cairkan dulu di dalam microwave atau ditim, baru dioles ke adonan sebelum dipanggang. Hasilnya kuning keemasan namun tetap transparan.

4. Madu
Madu juga bisa dijadikan olesan roti tetapi digunakan setelah roti dipanggang. Caranya, panaskan dulu sebentar biar madu agak cair, oles tipis-tipis biar tidak membasahi roti.

5. Minyak zaitun
Minyak zaitun juga dapat digunakan untuk mengkilapkan roti, biasanya dipakai untuk roti-roti yang gurih karena aromanya yang sedap seperti roti sobek, croissant hingga pizza.

6. Susu cair
Susu cair biasanya dijadikan campuran telur, gula atau mentega sebagai olesan, karena membantu membuat olesan tidak terlalu kaku setelah roti dipanggang. Hasil roti akan lembut meski mengkilap.

7. Gula halus
Campurkan sedikit susu dengan gula halus, panaskan sebentar sampai jadi karamel, dan bentuk inilah yang akan menjadi bahan olesan. Campuran ini dapat menambah rasa manis pada permukaan roti. Oleskan sebelum roti dipanggang.

Itu dia sekian bahan yang bisa jadi bahan olesan adonan roti agar mengkilap dan tampak cantik. 


LihatTutupKomentar