Klik "Allow" untuk mendapatkan update resep terbaru ↗

Cara Membuat Yogurt


Homemade Yogurt

Bahan:
1 liter susu 
1 -1,5  cup  kecil  yogurt greek plain sebagai starter/ biang


Cara Membuat Yogurt : 
- Siapkan semua alat yang akan dipakai. Sterilkan dengan  cara direbus atau jika terbuat dari bahan plastik cukup disiram atau direndam dengan air panas. Biarkan kering tanpa di lap.
- Jika pakai susu UHT, panaskan susu dengan api kecil sebentar, cukup sampai hangat saja. Diamkan sebentar sampai hangat kuku. 
- Masukan yogurt plain, aduk rata. Tuang ke dalam wadah yang steril dan kedap udara, tutup rapat. Bungkus dengan handuk atau lap tebal lalu simpan di tempat yang aman dan tidak langsung terkena sinar matahari dan memungkinkan suhu  susu  tetap hangat selama proses fermentasi ( dalam oven, termos nasi, lemari baju, di belakang kulkas) selama 8-24 jam ( makin lama disimpan makin kental dan asam). Setelah jadi masukan kulkas beberapa jam. Siap dinikmati
- Jika pakai susu murni, panaskan susu dengan api kecil sambil diaduk  sampai pinggirannya bergelembung kecil. Matikan api. Aduk pelan sampai uapnya hilang dan biarkan sampai hangat kuku. Proses selanjutnya sama dengan diatas


Catatan : 
- Susu cair bisa menggunakan susu murni, fresh  milk, UHT yang full cream maupun yang low fat atau susu bubuk yang dilarutkan dengan air. Tetapi berdasarkan pengalaman saya hasil dan rasa terbaik didapat saat menggunakan susu murni atau susu kemasan yang fresh milk  full cream ( merk bebas) 
- Gunakan yogurt kental plain untuk starter bukan yogurt drink. Saya biasanya pakai 1 cup yogurt green field atau 1,5  cup yogurt merk biokul untuk 1 lt susu. Yogurt greenfield menghasilkan yogurt yang asam segar sedangkan biokul menghasilkan yogurt yang tidak begitu asam.
- Yogurt yang sudah jadi bisa disisihkan sebagian untuk dijadikan starter pembuatan yogurt selanjutnya.
ARTIKEL BERIKUTNYA Next Post
ARTIKEL SEBELUMNYA Previous Post
ARTIKEL BERIKUTNYA Next Post
ARTIKEL SEBELUMNYA Previous Post
 

Delivered by FeedBurner