-->

Resep Kue Putu Ayu Pandan Kukus Empuk dan Lembut yang Menggugah Selera

Resep Kue Putu Ayu Pandan Kukus Empuk dan Lembut


rasalapar.com -  Kali ini, kita akan membahas resep kue tradisional yang tak lekang oleh waktu, yaitu kue putu ayu pandan kukus empuk dan lembut.

Kue ini merupakan pilihan yang sempurna untuk menemani waktu santai bersama keluarga, sajian arisan, atau sekadar teman minum teh di sore hari.

Berikut adalah bahan-bahan dan langkah-langkah yang perlu diikuti untuk membuat kue putu ayu pandan kukus empuk dan lembut di rumah.

Resep Kue Putu Ayu Pandan Kukus Empuk dan Lembut

Ini dia resep resepnya.

Bahan-bahan:

  1. 200 gram tepung terigu
  2. 200 gram kelapa parut kasar, kukus sebentar
  3. 150 gram gula pasir
  4. 150 ml santan kental
  5. 2 butir telur
  6. 1 sendok teh emulsifier (SP/TBM)
  7. 1 sendok teh pasta pandan
  8. ½ sendok teh baking powder
  9. ½ sendok teh garam

Cara Membuat:

  1. Siapkan cetakan putu ayu, olesi permukaan cetakan dengan sedikit minyak goreng agar kue mudah lepas saat diangkat. Sisihkan.

  2. Campurkan kelapa parut kukus dengan garam, aduk rata. Isi dasar cetakan putu ayu dengan kelapa parut kukus secukupnya, tekan-tekan agar padat. Sisihkan.

  3. Kocok telur, gula pasir, dan emulsifier menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan berwarna pucat. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 8-10 menit.

  4. Masukkan pasta pandan ke dalam adonan, aduk rata menggunakan spatula.

  5. Campurkan tepung terigu dan baking powder, ayak sehingga tidak ada gumpalan. Masukkan tepung terigu ke dalam adonan secara bertahap sambil diaduk perlahan menggunakan spatula hingga tercampur rata.

  6. Tuang santan kental ke dalam adonan, aduk perlahan hingga tercampur merata.

  7. Tuang adonan ke dalam cetakan yang telah disiapkan, isi hingga ¾ bagian. Rapatkan adonan dengan mengetuk-ngetuk dasar cetakan di meja.

  8. Panaskan dandang atau panci kukus, pastikan air sudah mendidih. Kukus kue selama 15-20 menit dengan api sedang hingga matang dan mengembang sempurna.

  9. Angkat kue dari cetakan setelah matang, biarkan dingin sejenak. Sajikan kue putu ayu pandan kukus empuk dan lembut bersama keluarga dan teman-teman.

Dengan mengikuti resep di atas, dijamin kamu akan mendapatkan kue putu ayu pandan kukus empuk dan lembut yang nikmat. Selamat mencoba dan semoga sukses! Jangan lupa untuk membagikan resep ini kepada kerabat dan teman-temanmu yang juga ingin mencoba membuat kue putu ayu pandan kukus empuk dan lembut di

LihatTutupKomentar