-->

4 Cara Menggoreng Cabai Agar Tidak Meletus

4 Cara Menggoreng Cabai Agar Tidak Meletus

Ketika ingin membuat sambal, biasanya bunda akan menggoreng cabai lebih dulu. Atau saat ingin memperoleh rasa pedas yang berbeda, cabai yang akan dipakai untuk bumbu harus digoreng sebentar. Tetapi permasalahannya cabai akan meletus ketika digoreng dan cipratan minyak panasnya dapat mengenai kulit.


Agar cabai tidak meletus ketika digoreng, ada beberapa cara sederhana yang harus diperhatikan. Yuk simak beberapa caranya berikut ini.

 

1. Pakai Api Kecil

Pakailah minyak sedikit saja untuk menggoreng cabai. Kemudian panaskan menggunakan api kecil. Suhu minyak yang tidak terlalu panas akan menjaga cabai supaya tidak meletus saat digoreng.

 

2. Cabai Dalam Keadaan Kering

Sebelum memasukkan cabai ke dalam minyak panas, cabai harus benar-benar dalam kondisi kering. Setelah cabai dicuci, jangan langsung dimasukkan ke dalam minyak panas. Keringkan terlebih dahulu menggunakan lap bersih atau tisu dapur.

 

3. Lubangi atau Kerat Cabai

Cabai dapat dilubangi menggunakan tusuk gigi. Dapat juga dikerat memakai bantuan pisau. Cara ini dapat mencegah cabai meletus ketika digoreng sebab kandungan udara di dalam cabai akan keluar melalui lubang atau keratan yang dibuat tadi.

 

4. Cabai Dirajang Lebih Dulu

Cabai yang dirajang tidak akan mudah meletus ketika digoreng. Selain itu, tidak perlu menggoreng dalam waktu lama supaya cabai tidak terlalu kering atau gosong.

 

Selain itu, siapkan penutup wajan untuk mencegah minyak panas menyiprat ke kulit ketika menggoreng cabai. Nah, itulah cara menggoreng cabai agar tidak meletus yang bisa dicoba. Semoga tips nya bermanfaat.

LihatTutupKomentar