-->

5 Cara Memasak Brokoli Agar Gizinya Tidak Hilang

 

cara memasak brokoli

5 Cara Memasak Brokoli Agar Gizinya Tidak Hilang

Brokoli merupakan salah satu jenis sayur yang paling sehat. Memiliki antioksidan yang tinggi dan juga nutrisi yang lengkap. Brokoli dapat diolah menjadi menu makanan apa saja. Namun di sini rasalapar.com akan memberikan beberapa cara memasak brokoli yang benar agar gizinya tidak hilang.

 

Cara Memasak Brokoli Agar Gizinya Tidak Hilang

1. Teknik Rebus

Brokoli dapat diolah dengan cara direbus, umumnya teknik ini dipakai bagi yang sedang menjalani program diet. Caranya yaitu dengan memasukkan brokoli ke dalam panci dan dimasukkan sedikit garam untuk mematikan telur-telur ulat yang tertinggal. Jika tidak ingin direbus menggunakan garam, pastikan brokoli direndam di dalam air garam supaya ulat, telur dan kotoran yang menempel dapat luntur.

 

Rebus brokoli sampai mendidih selama 2 menit lalu angkat dan tiriskan. Jangan terlalu lama merebus dalam merebus brokoli agar gizinya tidak hilang. Tiriskan kemudian masukkan brokoli pada semangkuk besar air dingin atau bisa ditambahkan es batu supaya brokoli tetap renyah dan tetap berwarna hijau.

 

2. Teknik Panggang

Brokoli juga bisa dipanggang, tentunya juga dengan memperhatikan suhunya. Sayur hijau ini baik dipanggang kurang dari 20 menit tergantung seberapa besar potonga brokoli. Memanggang brokoli sebaiknya menggunakan suhu 220 derajat Celcius selama kurang lebih 10 - 20 menit sampai brokoli renyah dan berwarna sedikit kecokelatan. Perlu diperhatikan tingkat kematangannya selama memanggang supaya tidak terlalu layu dan warnanya menjadi gelap.

 

3. Teknik Microwave

Teknik pemanasan memakai microwave ini agak berbeda dengan teknik memanggang memakai oven. Caranya adalah masukkan brokoli ke dalam mangkuk khusus microwave, campurkan dengan potongan kentang atau sayuran lain ditambah irisan keju. Masak selama kurang lebih 3 - 4 menit lalu sajikan.

 

4. Teknik Kukus

Brokoli juga sangat sehat jika dikukus sebab tidak akan menambah kalori seperti menggoreng. Supaya matangnya pas, mengukus brokoli cukup sekitar 4 - 5 menit saja. Setelah dicuci bersih kemudian rendam di dalam air garam, bilas lalu kukus sampai matang.  Menu brokoli kukus juga sangat bagus untuk program diet dalam menurunkan berat badan.

 

cara memasak brokoli

5. Teknik Tumis

Rendam brokoli di dalam air garam sejenak sebelum ditumis untuk menghilangkan ulat yang mungkin masih tersisa di dalam brokoli. Kemudian tuangkan sedikit minyak pada wajan dan panaskan menggunakan api sedang.

 

Masukkan bumbu-bumbu, lalu tumis brokoli sebentar sampai melunak dan warnanya berubah menjadi lebih terang. Sebaiknya jangan menambah minyak agar kalorinya tidak terlalu tinggi setelah dimasak. Jika ingin lebih sehat, pakailah minyak zaitun, minyak canola dan minyak lainnya yang rendah lemak.

 

Itu tadi beberapa cara memasak brokoli agar gizinya tidak hilang dan tetap sehat. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share.

LihatTutupKomentar