-->

Tips dan Cara Membuat Taoge Sendiri di Rumah

 

cara membuat taoge sendiri - gambar diadona.id

Tips dan Cara Membuat Taoge Sendiri di Rumah

Jika kita pergi ke pasar, kita akan menjumpai berbaga macam sayuran. Jenis sayuran yang akan kalian temui dengan mudah yaitu salah satunya taoge. Taoge dapat dibuat menjadi berbagai olahan makanan, mulai dari tumis, karedok, gado-gado dan juga pelengkap soto atau rawon.

 

Ternyata cara membuat taoge sendiri di rumah cukup mudah lho. Dengan membuat sendiri taoge di rumah, maka akan menghemat biaya pengeluaran kita dibandingkan harus beli. Yuk simak tips dan cara membuat taoge sendiri di rumah berikut ini.

 

1. Kacang hijau yang bagus

Taoge berasal dari kacang hijau, untuk menghasilkan taoge yang berkualitas bagus, pilihlah juga biji kacang hijau yang bagus. Pilih dan buang kacang hijau yang keriput, hitam, berlubang dan lainnya. Rendam kacang hijau menggunakan air bersih dan buang kacang hijau yang mengapung.

 

2. Rendam kacang hijau semalaman

Cuci bersih kacang hijau dan buang air rendaman setelah proses penyortiran. Rendam menggunakan air selama semalaman untuk membuat kacang hijau aktif dan dapat tumbuh. Cirinya yaitu kacang hijau akan membesar dan empuk. Kemudian tiriskan kacang hijau setelah direndam semalaman.

 

3. Tiriskan dan siram setiap hari

Letakkan kacang hijau yang mulai berkecambah di wadah saringan, supaya air dapat langsung terbuang saat disiramkan ke kecambah. Jika kacang hijau yang mulai pecah dari kulitnya ini terendam air lagi, maka akan membuatnya busuk. Siram 3 sampai 5 kali sehari.

 

4. Letakkan pada tempat gelap

Setiap setelah disiram, kemudian tempatkan di tempat yang gelap, misalnya di bawah meja atau yang lainnya. Pastikan kacang hijau tidak terkena cahaya matahari atau tempat terlalu terang karena kacang hijau akan lama tumbuh dan kalau tumbuh, maka akan berwarna merah sehingga kualitasnya tidak bagus.

 

5. Panen setelah 4 sampai 5 hari

Setelah melakukan perawatan kacang hijau selama 4 - 5 hari, kecambah sudah bisa mulai dipanen. Cuci terlebih dahulu sebelum dimasak atau dijual.

 

Nah itu tadi tips dan cara membuat taoge sendiri di rumah yang bisa bunda coba di rumah. Selainmudah tentunya akan lebih ekonomis, tidak perlu lagi beli di pasar. Semoga tips ini bermanfaat dan jangan lupa share.

 

Baca juga : Cara Membuat Sambal Taoge, Pedas dan Segar  

LihatTutupKomentar