-->

Cara Merebus Bakso Agar Matang Luar Dalam

 

cara merebus bakso agar matang luar dalam

Cara Merebus Bakso Agar Matang Luar Dalam

Bakso akan terasa lebih nikmat dan enak jika tekstur dan tingkat kematangangannya pas. Ini artinya bakso yang pas adalah bakso yang matang luar dalam dengan baik tetapi tidak terlalu lembek dikarenakan proses perebusan bakso yang terlalu lama.

 

Dalam merebus bakso, sebenarnya tidak ada ukuran yang pasti berapa lama waktu yang diperlukan. Karena setiap bakso mempunyai ukuran waktu tidak sama tergantung ukuran bakso dan pemakaian daging di dalamnya.

 

Terdapat beberapa langkah dan cara yang perlu kita terapkan untuk merebus bakso agar matang luar dalam. Berikut ini tipsnya.

 

Pemilihan Daging Yang Tepat

Tips pertama yaitu pemilihan daging yang tepat. Supaya bakso enak, sebaiknya pilihlah daging sapi yang bebas lemak. Untuk bakso ayam, sebaiknya bakso terbuat dari daging ayam tanpa kulit misalnya bagian dada. Sedangkan untuk bakso seafood, pilihlah ikan yang memiliki daging putih.

 

Bumbu Bakso Yang Tepat

Pastikan untuk menggunakan bumbu bakso yang tepat. Jangan mencampurkan bakso dengan tepung yang terlalu berlebihan supaya menghasilkan rasa bakso dan tekstur yang pas. Tambahkan irisan daun seledri, daun bawang serta bawang merah goreng supaya rasa bakso tambah lezat.

 

Giling Daging Sampai Halus

Giling daging sampai benar-benar halus untuk memperoleh bakso yang enak. Bakso dengan adonan yang halus akan lebih gampang dibentuk dan akan matang merata ketika direbus. Adonan bakso yang halus juga akan mudah dibuat dengan tekstur bulat yang lebih sempurna.

 

Rebus Bakso Ketika Air Sudah Mendidih

Ketika merebus bakso, pastikan air untuk merebus bakso benar-benar sudah mendidih. Tuang satu persatu bakso yang sudah dibentuk ke dalam air. Tunggu sampai bakso mengapung di permukaan air. Bakso yang mengapung menandakan bahwa bakso sudah matang.

 

cara merebus bakso

Gunakan Api Kecil ke Besar

Ketika merebus bakso, sebaiknya pakaialah api kecil yang cenderung ke api sedang. Cara ini akan menjadikan bakso matang merata luar dalam. Jika bakso direbus menggunakan api besar, maka akan membuat bakso cepat matang hanya pada bagian luar saja tetapi masih mentah di bagian dalam.

 

Nah, itulah beberapa langkah dan cara merebus bakso agar matang luar dalam. Bakso biasanya akan matang sempurna setelah direbus selama kurang lebih 25 - 30 menit. Namun hal ini tergantung pada ukuran bakso. Semakin besar bakso, waktu yang diperlukan untuk merebus bakso agar matang luar dalam juga akan lebih lama. Semoga informasi ini bermanfaat dan jangan lupa share.

 

Baca juga : Cara Membuat Kuah Bakso Sederhana Tanpa Daging

LihatTutupKomentar