-->

Cara Menggoreng Tempe Agar Garing dan Matang Sempurna

 

tips menggoreng tempe garing dan renyah

Cara Menggoreng Tempe Agar Garing dan Matang Sempurna

Tempe merupakan salah satu bahan makanan favorit bagi banyak orang. Selain harganya yang murah, tempe juga memiliki banyak manfaat dan cita rasa yang enak. Tempe bahkan dapat diolah menjadi berbagai olahan masakan yang menggugah selera.

 

Salah satu olahan paling digemari yang terbuat dari tempe yaitu tempe goreng. Apalagi jika tempe goreng teksturnya renyah, garing dan bumbunya meresap sampai ke dalam. Akan lebih nikmat jika tempe ini mempunyai tingkat kematangan yang baik.

 

Supaya tempe yang digoreng garing dan matang sempurna, yuk simak tips dan caranya berikut ini.

 

Pemilihan Tempe

Sebelum menggoreng tempe, sebaiknya pilihlah tempe yang baik juga. Artinya, tempe bukan yang masih berupa kedelai atau tempe yang sudah terlalu matang atau semangit.

 

Pilih tempe yang masih baru dan berkualitas baik pula. Perhatikan juga kepadatan tempe.

 

Mengiris Tempe

Irislah tempe dengan irisan yang tidak terlalu tebal. Mengiris tempe terlalu tebal akan membuat bagian dalam tempe tetap basah walaupun sudah digoreng cukup lama. Oleh karena itu, iris tempe dengan ketebalan yang tidak lebih dari 1 cm.

 

Marinasi Tempe Menggunakan Bumbu

Untuk mendapatkan hasil tempe dengan cita rasa gurih serta bumbu meresap, sebelum tempe digoreng sebaiknya marinasi tempe terlebih dahulu. Hal ini akan membuat bumbu tempe goreng meresap dengan sempurna. Bumbu tempe goreng biasanya garam, bawang putih, ketumbar serta kunyit yang sudah dihaluskan.

 

Memakai Minyak Banyak (Deep Frying)

Untuk memperoleh tempe goreng yang garing, sebaiknya menggoreng tempe dengan cara deep frying. Cara ini memakai minyak yang banyak dan api sedang yang stabil ketika proses penggorengan. Ini akan membuat tempe garing dan renyah di luar dalam. Tempe goreng akan matang sempurna tanpa dan membuat bagian luar tempe renyah dan garing.

 

Tempe Goreng Tepung

Ketika mebuat tempe goreng tepung, pakailah tepung yang bisa membuat tempe goreng lebih krispi dan renyah sebagai bumbu. Tambahkan tepung maizena atau tepung beras sebagai adonan untuk tepung tempe goreng. Hal ini akan membuat tempe goreng tepung renyah dan juga garing. Tepung beras juga akan membuat tempe goreng renyahnya tahan lebih lama.

 

Nah, itulah cara menggoreng tempe agar garing, renyah dan matang sempurna. Semoga tips ini bermanfaat dan selamat memasak.

Baca juga : Cara Merebus Bakso Agar Matang Luar Dalam

LihatTutupKomentar