-->

Cara Memasak Daun Singkong Agar Tetap Hijau

 

tips memasak daun singkong tetap hijau - by@inspirasimenu_harian

Cara Memasak Daun Singkong Agar Tetap Hijau

Daun singkong adalah salah satu sayuran yang bergizi dan disukai banyak orang. Daun singkong umumnya diolah menjadi sayur bobor atau ditumis bersama daun pepaya ditambah ikan teri.

 

Bukan cuma rasanya yang lezat, daun singkong juga mempunyai banyak nutrisi bagi kesehatan tubuh. Daun singkong baik dikonsumsi oleh penderita tekanan darah rendah karena berfungsi sebagai penambah darah.

 

Untuk mengolah sayur daun singkong ternyata gampang-gampang susah. Jika salah dalam mengolah daun singkong akan menyebabkan alot dan warnanya tidak hijau. Warna sayur yang tidak hijau akan mengurangi selera makan. Lalu bagaimana cara memasak daun singkong agar tetap hijau?

 

Tips Memasak Daun Singkong

Terdapat beberapa cara serta langkah-langkah yang perlu diperhatikan ketika memasak daun singkong agar tetap hijau, empuk dan tetap segar. Berikut ini cara dan tipsnya.

 

  1. Pilihlah daun singkong yang masih muda. Daun singkong yang masih muda akan tampak lebih hijau. Selain itu, daun singkong muda akan cepat empuk saat dimasak.
  2. Rebus air sampai mendidih. Sebaiknya pakailah air sumur untuk merebus daun singkong, sebab air sumur akan membuat aneka sayur terlihat tetap hijau dan segar setelah direbus.
  3. Masukkan daun singkong yang sudah disiangi ke dalam rebusan air yang sudah mendidih. Rebus selama kurang lebih 10 - 15 menit memakai api sedang supaya daun singkong matang merata. Sebaiknya panci diusahakan tetap terbuka (jangan menutup panci).
  4. Ketika merebus daun singkong, tambahkan juga 1 sdt soda kue. Soda kue berguna membuat daun singkong tetap terlihat hijau dan segar. Hal ini juga membuat daun singkong menjadi lebih empuk.
  5. Jika daun singkong sudah empuk, angkat daun singkong lalu rendam dengan menggunakan air es.
  6. Selanjutnya kalian dapat mencuci daun singkong yang sudah direbus dengan air biasa sampai bersih. Peras air daun singkong supaya sayuran ini tidak terasa langu.
  7. Masak daun singkong yang sudah direbus dan diperas menjadi olahan masakan yang diinginkan. Bisa diolah menjadi sayur bobor atau bisa juga ditumis.

 

Nah, itulah cara memasak daun singkong agar tetap hijau dan empuk. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca juga : Cara Membuat Opak Singkong Renyah

LihatTutupKomentar