-->

Cara Membuat Manisan Pala, Mudah dan Enak

 

manisan pala - by @rimahutabarat

Cara Membuat Manisan Pala, Mudah dan Enak

Siapa nih yang pernah nyobain makan manisan pala? Rasanya unik, ada manis, asam, segar dan juga rasa hangat di tenggorokan ini akan mebuat lidah terasa segar. Manfaat buah pala ini juga baik bagi kesehatan. Bagi yang penasaran, yuk simak cara membuat manisan pala berikut ini.


Bahan :

- 300 gram buah pala

- 1 sdm garam

- air putih secukupnya

- 500 gram gula

- 1 sdt kapur sirih


Cara Membuat Manisan Pala Kering :

- Langkah pertama kupas kulit buah pala kemudian belah dan ambil dagingnya saja.

- Belahan daging pala ini lalu diiris tipis tapi jangan sampai putus pada bagian ujungnya. Hasilnya nanti mirip bentuk kipas atau seperti bunga.

- Selanjutnya tuangkan 1 liter air ke dalam wadah lalu larutkan garam ke dalamnya, aduk merata. Sesudah itu masukkan daging pala yang telah diiris tadi ke dalam larutan garam tersebut kemudian diamkan sampai 1 hari lamanya. Angkat lalu tiriskan.

- Tuang kembali air dan larutkan kapur sirih ke dalamnya kemudian rendam kembali daging pala yang telah direndam ke dalam larutan air garam sebelumnya. Tunggu hingga 1 hari lamanya kemudian angkat dan tiriskan.

- Berikutnya, rebus 1 liter air yang telah dicampurkan dengan gula hingga menjadi kental kemudian angkat dan biarkan dingin.

- Sekali lagi daging pala di rendam ke dalam larutan air gula yang telah dimasak tadi kemudian diamkan lagi selama 1 hari. Angkat lalu tiriskan.

- Sedangkan larutan air gulanya di masak lagi sampai mengental kemudian dipakai kembali untuk rendaman daging pala setelah dingin. Rendaman yang terakhir ini juga diamkan selama 1 hari lamanya.

- Sesudah tahap perendaman daging pala selesai baru kemudian dikeringkan di bawah sinar matahari dengan menggunakan tampah atau wadah yang lebar lainnya.

- Jika sudah kering, daging pala bisa diangkat kemudian diberi taburan gula pasir dan disimpan di dalam wadah toples atau bisa dikemas.

 

Proses perendaman yang dilakukan hingga beberapa kali ini akan menghasilkan manisan pala yang bisa bertahan lama. Nah, itulah cara membuat manisan pala kering yang bisa dicoba di rumah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share resepnya.

 

Baca juga : Cara Membuat Manisan Kolang Kaling Dengan Sirup Marjan

LihatTutupKomentar