-->

Resep Sambal Gami Bawis

resep sambal gami bawis - by @hanhanny

Resep Sambal Gami Bawis

Untuk versi ku ikan bawisnya aku goreng dulu baru dicampurkan kesambalnya supaya tidak begitu amis dan gurihnya nampol. Siapkan nasi yang banyak ya, karena dijamin gak cukup sepiring. Resep gami itu khasnya dimasak di cobek tanah liat, jika dimasak di wajan ya jadinya tumis sambal biasa. Yuk simak resep sambal gami bawis berikut ini.

Bahan :
- 3 ekor ikan bawis ukuran sedang

Bumbu yang diuleg :
- 6 buah cabe merah keriting
- 7 buah cabe rawit (pedas sesuai selera)
- 2 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih
- Sedikit terasi

Tambahkan :
- Garam, gula pasir, gula merah, kaldu bubuk secukupnya
- Minyak goreng secukupnya untuk menumis.

Bahan yang dipotong potong :
2 buah tomat atau sesuai selera
5 siung bawang merah

Cara Membuat Sambal Gami Bawis :
- Langkah pertama bersihkan dan siangi ikan bawis, kemudian perahi dengan jeruk nipis, diamkan beberapa menit kemudian bilas, selanjutnya beri bumbu racik ikan instan,balur merata, lalu goreng sampai setengah matang dan sisihkan.
- Selanjutnya siapkan cobek tanah liat, ulek bawang dan cabe, kemudian taruh cobek di atas kompor, tumis dengan minyak goreng secukupnya sampai mendidih.
- Kemudian masukan potongan tomat dan juga bawang merah, aduk rata dan beri gula garam serta kaldu bubuk secukupnya, koreksi rasa.
- Langkah terakhir masukan ikan bawis, siram-siram pelan sambel ke atas ikan biar merata, biarkan mendidih beberapa saat, matikan api.
- Sambal Gami Bawis siap dinikmati.

 

Resep sambal gami bawis ini bisa dicoba di rumah. Rasanya mantab dan bikin nasi habis. Semoga resep ini bermanfaat dan jangan lupa bagikan resepnya.

 

Baca juga : Resep Sambal Telur Mata Sapi

LihatTutupKomentar