-->

Cara Membuat Roti Sobek Kukus Tanpa Telur, Enak Banget

cara membuat roti sobek kukus - photo by @dapur.immiibam

Cara Membuat Roti Sobek Kukus Tanpa Telur, Enak Banget

Kali ini rasalapar.com ingin berbagi resep roti sobek kukus tanpa telur. Selain itu proses pembuatannya juga tidak perlu mixer. Bahannya juga mudah didapatkan.

 

Roti sobek kukus sangat cocok dinikmati sambil ngopi dan ngeteh bersama keluarga tercinta. Bukan hanya itu, resep roti sobek kukus ini juga dapat dijadikan ide untuk bisnis jualan. Yuk langsung saja simak ulasan lengkap resep cara membuat roti sobek kukus tanpa telur berikut ini!

 

Bahan-Bahan :

- 250 gr tepung terigu

- 180 ml air atau 20 sdm air hangat

- 3 sdm gula pasir

- 1 sdm pernipan

- garam

- 1 sdm penuh margarin

- pasta pandan

- meises coklat untuk isian

 

Cara Membuat Roti Sobek Kukus Tanpa Telur :

- Langkah pertama yaitu kita siapkan semua alat dan bahan yang kita butuhkan untuk membuat roti sobek kukus.

- Tambahkan pasta pandan ke dalam air hangat, lalu aduk-aduk hingga larut dan tercampur rata.

- Siapkan wadah untuk membuat adonan, masukkan gula pasir, lalu tambahkan air yang telah diberi pasta pandan 10 sdm terlebih dahulu, selanjutnya diaduk-aduk hingga gulanya larut.

- Masukkan 1 sdt ragi instan, kemudian aduk lagi hingga tercampur dengan bahan lainnya, setelah gula larut serta raginya meluber kemudian kita masukkan tepung terigu dan ditambahkan air pasta pandannya 10 sdm lagi.

- Campurkan semua bahan dengan tangan kemudian uleni hingga adonan kalis, setelah setengah kalis adonannya kita tambahkan 1/2 sdt garam serta margarin.

- Lalu lanjut adoni kembali adonan hingga halus serta tidak lengket di tangan ya, Semakin halus menguleni adonan akan semakin bagus adonannya.

- Sesudah adonan elastis dan halus serta tidak lengket di tangan berarti adonan telah siap, lalu diamkan adonan kurang lebih 5 menit, jangan lupa tutup adonannya.

- Selanjutnya adonan kita tipiskan lalu kita bagi menjadi 6 bagian adonan.

- Kemudian bulatkan adonan roti sobeknya, bulatkan satu per satu adonan, ukuran disesuaikan selera kita.

- Selanjutnya diamkan kembali adonan selama 10 menit, tutup adonan supaya tidak kering.

- Setelah didiamkan, langkah selanjutnya yaitu memberi isian sesuai selera.

- Cara memberi isian yaitu tipiskan terlebih dahulu adonan yang dibulatkan tadi, sesudah ditipiskan lalu masukkan meises coklat 2 hingga 3 sendok teh, kemudian tutup adonan perlahan hingga meisesnya tertutup rapat lalu bulatkan, isi semua adonan dengan meises.

- Ambil loyang cetakan yang telah diolesi minyak sayur, masukkan semua adonan tersebut ke dalam cetakan, kemudian tutup dengan plastik lalu diamkan adonan selama 30 menit.

- Setelah 30 menit adonan akan mengembang, selanjutnya siapkan kukusan dan siap untuk mengukus.

- Kukus adonan selama 15 menit menggunakan api sedang.

- Angkat kue sobek lalu dinginkan.

- Pindahkan kue sobek ke piring saji, roti sobek kukus tanpa telur siap dinikmati.

 

Nah itulah resep cara membuat roti sobek kukus tanpa telur. Roti sobek kukus tanpa telur hasilnya super ngembang serta montok. Hasil rotinya lembut dan enak meskipun tanpa memakai telur. Semoga resep ini bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi untuk berbisnis. Jangan lupa share dan dicoba di rumah ya.

 

Baca juga : Resep Roti Goreng Pisang Coklat

LihatTutupKomentar