-->

Resep Marmer Cake Lembut dan Berminyak, Anti Seret

resep marmer cake lembut dan berminyak - sumber gambar flickr.com

Resep Marmer Cake Lembut dan Berminyak, Anti Seret

Marmer cake atau disebut dengan marble cake adalah kue jadul dari Jerman yang mempunyai warna dan tampilan yang unik, warna belang seperti marmer adalah perpaduan dari adonan berwarna gelap dan terang. Marmer cake memiliki ciri khas teksturnya yang lembut dan juga berminyak.

 

Di Indonesia sendiri, kue jadul ini populer dengan nama bolu macan atau juga disebut bolu marmer. Disamping pembuatannya cukup mudah dan bisa untuk teman ngeteh atau ngopi, marmer cake juga dapat dijadikan ide bisnis untuk berjualan.

 

Banyak bertebaran resep marmer cake ini, Tapi yang jelas, biasanya resep marmer cake lembut dan berminyak serta anti seret ketika dimakanlah yang banyak dicari orang.

 

Resep marmer cake kali ini menggunakan 4 butir telur ayam, Supaya mendapatkan hasil marmer cake yang lembut dan mengembang. Putih telur dikocok secara terpisah dengan gula hingga kaku sebelum dicampurkan bersama bahan-bahan lainnya.

 

Supaya lebih cantik, kali ini marmer cake terdiri dari tiga warna berbeda, putih, hijau, dan coklat dengan memakai pewarna alami dari daun suji dan juga coklat bubuk. Nah berikut resep serta cara membuat marmer cake 4 telur yang lembut dan berminyak serta pastinya anti seret.

 

Bahan adonan A :

- 3 butir putih telur ayam

- 2 sendok makan gula pasir

 

Bahan adonan B :

- 180 gram margarin

- 7 sendok makan gula pasir

- 1 sendok teh vanilla bubuk

- 4 butir kuning telur ayam

- 100 gram tepung terigu serbaguna

- 1 sendok makan susu bubuk

 

Bahan pewarna :

- 2 sendok makan coklat bubuk atau Kakao

- 1 sendok makan pewarna hijau alami daun suji

- secukupnya air hangat

- Loyang diameter 20 cm

 

Cara Membuat Marmer Cake Lembut dan Berminyak :

1. Langkah pertama siapkan bahan.

2. Ayak tepung terigu dan juga susu bubuk. Lalu sisihkan.

3. Campurkan coklat bubuk bersama sedikit air hangat sampai berbentuk pasta. Sisihkan.

4. Buat pewarna hijau alami. Blender 8 lembar daun suji dan juga 4 lembar daun pandan. Tuangkan sedikit air hangat kemudian peras dan ambil airnya. Sisihkan.

5. Kocok semua bahan adonan A memakai mixer dengan kecepatan tinggi sampai putih, kaku, dan mengembang dengan sempurna (kira-kira 9 menit). Lalu sisihkan.

6. Pada wadah terpisah, kocok gula, margarin, serta vanilla bubuk memakai mixer kecepatan tinggi sampai tercampur rata.

7. Masukkan kuning telur satu per satu. Kemudian dimixer sampai warna adonan berwarna kuning pucat, teksturnya menjadi kental dan creamy.

8. Kurangi kecepatan mixer. Kemudian masukkan ayakan terigu dan susu secara perlahan, aduk sebentar menggunakan mixer sampai tercampur rata, kemudian matikan mixer.

9. Tuang adonan A ke dalam adonan B. Aduk sampai adonan tercampur rata.

10. Selanjutnya bagi adonan menjadi 3 bagian. Satu bagian dicampur pasta coklat. Sementara bagian lain dicampur pewarna hijau.

11 Siapkan loyang. Olesi pada bagian dalamnya memakai mentega lalu beri taburan tepung terigu sampai rata.

12. Panaskan oven. Tuangkan sebagian adonan putih ke dalam loyang. Selanjutnya tuang adonan hijau dan coklat di atasnya secara bergantian. Terakhir tuangkan semua sisa adonan putih.

13. Pakailah sumpit untuk mengacak adonan supaya memperoleh motif marmer cake.

14. Kemudian masukkan ke dalam oven. Selanjutnya panggang selama kurang lebih 30 menit atau hingga kue berwarna kuning keemasan.

15. Marmer cake lembut dan berminyak siap disajikan.

 

Catatan :

Perhatikan, saat mencampur adonan A dan B jangan ada cairan sisa di adonan A yang tertuang. Dan sebelum proses pemanggangan, ketuk-ketuk terlebih dahulu loyang yang berisi adonan supaya gelembung udara pada adonan keluar.

 
sumber gambar : pixabay.com

Pastikan juga mengolesi dinding dalam loyang dengan mentega serta taburi terigu sampai rata. Hal ini sangat penting supaya marmer cake yang sudah dipanggang tidak hancur dan mudah dilepas dari loyang saat sudah matang.

 

Nah, itulah resep lengkap dan cara membuat marmer cake lembut dan berminyak dengan 4 telur. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi inspirasi dalam memasak kue. Jangan lupa dipraktekkan di rumah ya!

 

Baca juga : Resep Marmer Chocopandan Cake

LihatTutupKomentar