-->

Beberapa Cara Memasak Bunga Pepaya Agar Tidak Pahit

sumber gambar @nafisa_shidqia

Beberapa Cara Memasak Bunga Pepaya Agar Tidak Pahit

Siapa nih diantar bunda yang suka tumis bunga pepaya? Masakan ini punya rasa mantap dan nikmat. Bunga pepaya memiliki tekstur unik serta aroma yang harum. Biasanya, bunga pepaya diolah bersama cumi atau ikan asin sebab dapat mengurangi bau amis dari bahan seafood.

 

Tetapi sayangnya, bunga pepaya mempunyai rasa pahit dan membuat orang tidak suka. Terdapat beberapa cara memasak bunga pepaya agar tidak pahit. Bunda perlu mencoba nih, supaya bisa menghidangkan masakan spesial dari bunga pepaya. Yuk simak cara memasak bunga pepaya agar tidak pahit berikut ini!

 

1. Perhatikan Cara Menyiangi Bunga Pepaya

Bunga pepaya umumnya dijual di pasar dalam kondisi masih menempel bersama batangnya. Langkah pertama yang bisa dilakukan yaitu dengan menyiangi bunga dari batangnya. Karena, batang bunga pepapaya ini rasanya lebih pahit dibanding bunganya. Tetapi, bagi kalian yang suka pahit, dapat memetik bunga pepaya yang bagian batangnya masih muda. Cirinya yaitu batang yang berwarna hijau muda, lunak, serta gampang dipetik.

 

2. Remas Bunga Pepaya Menggunakan Garam

Cara paling mudah untuk memasak bunga pepaya agar tidak pahit yaitu dengan menggunakan garam. Caranya adalah dengan mempergunakan garam dalam jumlah banyak, remas bunga pepaya secara perlahan menmakai garam supaya tidak hancur. Jika bunda takut bunga pepaya masih pahit, maka ulangi proses ini 2 hingga 3 kali. Kemudian cuci bersih bunga dari garam supaya tidak asin ketika diolah.

 

3. Rebus di Dalam Air Yang Diberi Tanah Lempung

Cara lain untuk menghilangkan pahit bunga pepaya yaitu dengan memakai tanah lempung. Di pasar tradisional banyak yang menjual tanah lempung ini. Langkah pertama yaitu rebuslah air yang sudah dicampur tanah lempung, masukkan bunga pepaya dan rebus hingga matang. Jika sudah matang dan tidak terlalu empuk, angkat dan cuci bunga pepaya dengan air bersih. Tiriskan hingga kering dan bunga pepaya telah siap untuk dimasak dengan beraneka bumbu.

 

4. Masak Bunga Pepaya Bersama Bahan Lain

sumber gambar : instagram

Cara lain yang cukup gampang untuk menghilangkan rasa pahit bunga pepaya yaitu dengan memasaknya bersama aneka bahan lain, misalnya daun singkong atau daun kangkung. Daun pepaya juga cocok diolah menggunakan bumbu rasa tajam misalnya terasi untuk meminimalkan rasa pahitnya.

 

Nah itulah beberapa cara memasak bunga pepaya agar tidak pahit yang dapat dipraktekkan di rumah. Dengan mengetahui cara di atas, bunda tidak perlu khawatir lagi dengan rasa pahit bunga pepaya karena dapat dihilangkan dengan cara-cara di atas. Dengan begitu bunda dapat menghidangkan masakan spesial berbahan bunga pepaya untuk keluarga tercinta. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya!

 

 Baca juga : Resep Tumis Daun dan Bunga Pepaya

LihatTutupKomentar