Cara Memasak Kulit Sapi (Kikil) Agar Tidak Lengket

 


Cara Memasak Kulit Sapi (Kikil) Agar Tidak Lengket

 

Kikil atau kulit sapi sangat enak kalau dimasak balado, digulai atau dioseng. Namun seringkali ketika memasak kikil, bunda kesulitan dalam mengolah kikil yang teksturnya lengket dan masih bau.

 

Tetapi, ada cara memasak kulit sapi agar tidak lengket dan bau. Berikut beberapa tips memasak kulit sapi.

 

1. Rendam kulit sapi untuk menghilangkan bau amis dan lendir

Siapkan sebuah panci kemudian isi dengan air bersih. Didihkan air, matikan api, dan masukkan semua potongan kulit sapi. Proses rendaman dilakukan bertujuan untuk menghilangkan bau amis serta lendir. Kalau bunda tidak punya banyak waktu, rendam selama 30 menit saja sudah cukup. Setelah selesai, tiriskan potongan kikil atau kulit sapi kemudian siram di bawah air bersih yang mengalir.

 

2. Menghilangkan bulu pada kulit sapi

Saat membeli kikil mentah dari pasar, ada yang sudah bersih namun ada juga yang masih ada sedikit bulunya. Tentu kita tidak mau makan bulu, kan? Nah, bulu-bulu tersebut yang kadang membuat bau tidak sedap jadi perlu dihilangkan.

Bunda bisa mengerok bulu setelah kulit sapi direndam seperti cara yang pertama tadi. Bunda bisa mengeroknya dengan lebih gampang karena pori-pori kulit sapi terbuka setelah dicelupkan ke air panas.

 

3. Rebus kulit sapi untuk mengempukkan

Kali ini, kikil direbus agar menjadi empuk. Merebuskikil diperlukan waktu kurang lebih 2-3 jam menggunakan panci biasa. Tapi kalau ingin lebih cepat, kulit sapi bisa direbus dengan panci presto. Dengan panci presto ini, kikil hanya butuh 1 jam saja supaya menjadi empuk.

Caranya, siapkan panci dengan air bersih. Jangan pakai air bekas rendaman karena bau amis akan kembali ke dalam kikil. Didihkan air kemudian masukkan potongan kulit sapi / kikil. Tunggu sampai beberapa jam ke depan. Selama merebus bunda bisa masukkan rempah, supaya rasanya semakin nikmat. Bisa dipilih antara jahe, lengkuas, daun jeruk, atau serai.

 

Proses merebus di atas bisa juga sekaligus untuk mengungkep kikil. Biasanya proses mengungkep dilakukan kalau bunda mau memasak kikil goreng atau kikil bacem. Setelah diungkep/direbus, kulit sapi bisa langsung digoreng atau dibacem karena bumbunya sudah cukup meresap. Beda hal kalau bunda mau buat olahan tumisan atau semur, kikil kulit sapi hasil rebusan lalu ditiriskan dan siap untuk diolah.

 

Kalau dimasak dengan cara yang benar, kikil rasanya sangat enak, lembut, tidak lengket serta tidak berbau. Tekstur kenyalnya sangat cocok dipadukan dengan rasa manis, gurih, dan juga pedas. Ketika direbus masih ada sedikit bau amis, bunda bisa mencoba menghilangkannya dalam tahap membumbui. Karena kalau ingin menghilangkan bau amis, bunda bisa memakai rempah beraroma seperti bawang putih atau air jeruk nipis atau lemon.

 

Terimakasih sudah membaca Cara Memasak Kulit Sapi (Kikil) Agar Tidak Lengket, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi dalam memasak

 

Baca juga : Resep Gulai Kikil Lezat

 

LihatTutupKomentar