-->

Resep Kue Ali (Kue Cincin atau Ali Agrem)



Resep Kue Ali (Kue Cincin atau Ali Agrem)

Dulu waktu kecil pas nemenin mama kepasar pasti minta jatah kue cincin/kue ali ini buat upah nemenin mama kepasar. Sekarang sudah bisa buat sendiri ternyata gampang sekali buat kue ali. Yuk semuanya dicoba resep kue ali berikut ini.

Bahan :
2 liter beras.
250 gr gula pasir.
750 gr gula aren/gula merah warna coklat pekat. Iris halus.
1 gelas air.
2 sdt garam.
5 lmbr daun pandan.

Cara Membuat Kue Ali :
1. Rendam beras semalaman. Cuci bersih, tiriskan. Lalu giling menjadi tepung beras. Sisihkan. (ini wajib, jangan di ganti tepung beras yang sudah jadi, nanti rasanya beda, alot  ngga enak)

2. Dalam panci campur gula merah, daun pandan, gula pasir dan 1 gelas air juga garam. Lalu didihkan aduk terus sampai berbuih. (Coba di tes, cubit sedikit gula. Kalau sudah berambut gitu antara jempol dan jari, berarti sudh pas, ini ngga boleh salah) tapi awas panas.

3. Masukan gula ke dalam tepung beras tadi. Aduk terus hingga rata dan tidak bergerindil. Ini adonan agak berat. Diamkan semalam di suhu ruang. Alasi baskom nya dengan air di nampan agar tidak di semutin. Tapi tidak perlu di tutup, jika keras tambah air panas sedikit.

4. Jika sudah semalaman,  baru bisa di goreng. Siapkan plastik kecil untuk alas tangan kiri dan minyak goreng di piring kecil, agar tidak lengket. Oles plastik dengan minyak. Ambil 1 sdm adonan bulatkan di atas plastik, lalu pipihkan. Celup telunjuk ke minyak kemudian lubangi adonan seperti donat.
Segera angkat sambil di masukan ke dalam minyak yang sudah panas.

5. Balik kue ali sampai kecoklatan tapi ngga gosong, gunakan 2 tusukan panjang, yang satu untuk membalik, yang satu untuk yang sudah matang. Jadi di jejerin dulu sambil ditiriskan di samping wajan nya.

Terimakasih sudah membaca Resep Kue Ali (Kue Cincin atau Ali Agrem). Semoga bermanfaat.


LihatTutupKomentar