-->

Inilah Beberapa Manfaat dan Olahan Daun Kelor Yang Wajib Dicoba

 


Inilah Beberapa Manfaat dan Olahan Daun Kelor Yang Wajib Dicoba

 

Pernah dengar tentang daun kelor dan manfaatnya? Tanaman hijau yang tumbuh subur pada iklim tropis seperti Indonesia ini ternyata dikategorikan sebagai bahan makanan yang memiliki nutrisi dan manfaat yang relatif tinggi bagi kesehatan.

 

Tetapi, kurangnya pengetahuan tentang manfaat daun kelor di masyarakat membuat tanaman ini jarang dikonsumsi. Di sini akan kita bahas manfaat dan cara mengolah daun kelor secara rutin untuk menu rumahan atau bekal.

 

Ternyata daun kelor di beberapa kota di Indonesia diolah menjadi sayur bening semata. Setelah dipetiki, dicuci bersih, daun kelor lalu dimasak ke dalam kuah kaldu. Bumbunya hanya mengandalkan bawang putih, bawang merah, kencur, serta daun salam. Sayur bening daun kelor juga terkadang diberi tambahan seperti jagung atau tahu putih. Menu ini juga sering menjadi lauk pendamping di meja makan bagi sepiring nasi hangat. Ada menu lain yang bisa kita olah dari daun kelor dan bahan-bahan yang ada di dapur.

 

Di bawah ini adalah beberapa olahan dan manfaat daun kelor untuk diketahui:

 

1. Membuat Sup Ayam Daun Kelor

Bukan hanya sayur bening, daun kelor juga bisa diolah bersama ayam untuk dijadikan menjadi olahan  sup ayam daun kelor. Ini lebih baik dari  bayam sebagai campuran sup, daun kelor mengandung zat besi 25x lebih banyak. Zat besi bisa mencegah kita dari anemia, yakni berkurangnya hemoglobin di dalam darah.

 

Untuk pembuatannya, menu ini cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu lama. Pertama, siapkan bahan-bahannya yaitu fillet dada ayam yang dipotong kecil sesuai selera, daun kelor yang telah dipetiki, wortel yang telah dikupas dan dipotong kecil, kentang yang telah dikupas dan dipotong dadu, irisan daun kol, buncis yang diiris serong, irisan daun bawang serta seledri, dan air. Sedangkan bumbunya, iris bawang merah dan bawang putih, pala bubuk, kaldu ayam bubuk secukupnya , dan minyak untuk menumis.

 

Berikut adalah cara membuat Sup Ayam Daun Kelor :

 - Panaskan minyak di wajan, tumis bawang merah serta bawang putih sampai harum. Angkat dan sisihkan.

- Dalam panci, didihkan air. Masukkan tumisan bawang, masak sampai mendidih.

- Masukkan potongan ayam, kentang dan wortel. Masak dengan api kecil sampai ayam berubah warna.

- Masukkan kol, buncis, daun kelor, daun bawang, seledri, kaldu ayam bubuk, serta pala bubuk. Aduk rata, masak hingga matang.

- Angkat dan sajikan.


Untuk olahan ini, masukkan daun kelor di akhir proses memasak. Alasannya, daun kelor mudah lembut terutama saat dimasak dalam air yang banyak. Kita bisa menambahkan bawang merah goreng saat menyajikannya untuk menambah cita rasa.

 

2. Membuat Tumisan Daun Kelor

Olahan lain yang bisa dibuat yaitu tumis daun kelor bumbu kari. Tambahkan tahu untuk membuatnya menjadi menu lengkap penuh protein. Ada beberapa manfaat kesehatan dari perpaduan daun kelor dan tahu. Keduanya kaya akan kalsium yang bisa memelihara kesehatan tulang dan gigi. Selain itu daun kelor bisa untuk meningkatkan serta melancarkan produksi ASI pada ibu menyusui.

 

Selain daun kelor, kita siapkan bahan lainnya seperti tahu kuning, bawang putih, bawang bombay, cabai merah keriting, bubuk kari, kaldu ayam bubuk, garam, dan air. Untuk peralatan memasak, kita cukup membutuhkan wajan dan spatula.

 

Berikut adalah cara membuat Tumis Daun Kelor Bumbu Kari :

- Panaskan minyak, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum.

- Masukkan tahu, masak di orak arik.

- Tambahkan cabai, bubuk kari, kaldu ayam bubuk, dan garam. Aduk rata.

- Masukkan daun kelor dan air, aduk rata. Masak sampai matang.

- Angkat dan sajikan.


Agar hasilnya maksimal, bilas tahu dengan air matang sebelum memasaknya. Tujuannya adalah  untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada tahu. Untuk daun kelornya, masukkan di akhir proses bersama air perlahan-lahan.

 



3. Membuat Bakwan Daun Kelor Saus Salsa

Daun kelor hanya bisa diolah sebagai menu utama? Kita bisa membuat camilan sehat dari daun kelor berupa bakwan daun kelor saus salsa yang garing serta gurih. Bisa ditambahkan wortel dalam menu ini yang dapat meningkatkan kandungan vitamin A dari daun kelor. Untuk diketahui, daun kelor ternyata mengandung vitamin A 4x dari wortel. Vitamin ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh.

 

Selain daun kelor, kita membutuhan bahan lainnya seperti irisan kol, wortel dan buncis yang dipotong korek api, irisan halus daun bawang, bawang putih yang dihaluskan, telur ayam, kaldu ayam bubuk secukupnya, air, terigu, serta minyak untuk menggoreng.

 

Untuk saus salsa nya, kita membutuhkan tomat yang dibuang bijinya lalu dipotong dadu kecil, saus tomat botolan, kaldu ayam bubuk, daun ketumbar yang dicincang halus, serta air perasan jeruk nipis.

 

Berikut adalah cara membuat Bakwan Daun Kelor Saus Salsa :

- Dalam mangkuk, campur terigu, kaldu ayam bubuk, dan air. Aduk rata.

- Tambahkan telur serta bawang putih, aduk rata.

- Masukkan wortel, kol, daun kelor, serta daun bawang. Aduk rata hingga menjadi adonan bakwan.

- Panaskan minyak di wajan. Ambil 1 sendok makan adonan, masukkan ke wajan. Goreng sampai matang dan berwarna kuning keemasan.

- Angkat dan tiriskan.

- Saus Salsa : dalam mangkuk, masukkan saus tomat, tomat, kaldu ayam, daun ketumbar, serta perasan jeruk nipis. Lalu aduk rata.

- Sajikan bakwan kelor bersama saus salsa.

 

Untuk mendapatkan bakwan yang renyah, gunakanlah minyak baru untuk menggoreng. Pastikan minyak telah panas saat menggoreng, dan goreng dengan api sedang agar matang jadi merata.

 

Terimakasih sudah membaca beberapa manfaat dan olahan daun kelor yang wajib dicoba. Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi untuk bunda memasak semuanya.


Baca juga : Cara Menguleni Roti Supaya Mengembang Sempurna

LihatTutupKomentar