-->

Inilah Cara Menguleni Adonan Roti Supaya Mengembang Sempurna



Cara Menguleni Adonan Roti Tanpa Mixer Supaya Mengembang Sempurna


Adonan roti harus diuleni dengan tepat supaya dapat mengembang dengan sempurna. Selain itu, tidak sedikit yang merasa ragu mencoba membuat roti sendiri karena tidak mempunyai mixer khusus untuk menguleni adonan roti. Ternyata, menguleni adonan roti dapat dilakukan tanpa mixer khusus, lho.

Lalu apa saja yang harus diperhatikan ketika menguleni untuk memastikan adonan roti sudah diuleni dengan cukup? Mari simak beberapa hal di bawah ini.


1. Jangan terlalu menekan adonan ketika menguleni

Supaya roti mengembang dengan sempurna, ragi dalam adonan perlu bekerja dengan baik. Untuk itu, sebaiknya adonan tidak ditekan terlalu keras ketika menguleni.


2. Uleni adonan sampai terasa halus serta kalis

Adonan roti umumnya perlu diuleni selama sekitar 10-12 menit sebelum siap diolah lebih lanjut. Walau demikian, ini bukan patokan baku. Yang lebih penting yaitu memperhatikan tekstur serta bentuk adonan roti untuk memastikan sudah cukup diuleni.

Kalau masih terasa basah serta lengket, maka adonan belum diuleni dengan cukup. Adonan telah siap kalau sudah terasa halus serta kalis. Coba tekan adonan dengan jemari. Kalau bagian yang ditekan kembali ke bentuk semula serta tidak meninggalkan bekas, juga tidak mudah sobek artinya telah cukup diuleni.


3. Diamkan adonan roti

Setelah diuleni, bentuk adonan menjadi bola serta istirahatkan adonan roti selama beberapa waktu. Hal ini dilakukan supaya ragi dalam adonan dapat bekerja membentuk karbondioksida yang membuat roti memiliki tekstur lebih lembut. Adonan roti biasanya perlu didiamkankan selama 15 menit.


4. Pakailah wadah yang tepat

Supaya proses pengistirahatan lebih maksimal, adonan roti perlu diistirahatkan dalam wadah dari stainless steel, marmer, kayu, serta granit. Bahan-bahan ini akan membuat ragi bekerja lebih baik sehingga roti akan mengembang dengan sempurna.

Setelah diuleni dan didiamkan, adonan roti pun siap untuk dipanggang dalam oven. Ketika menunggu roti matang, bunda bisa mencoba membuat olesan roti.

Baca juga : Bahan Olesan Roti Ini Akan Membuat Roti Mengkilap

LihatTutupKomentar