-->

Inilah 5 Cara Mudah Memisahkan Kuning Telur Dari Putih Telurnya

 


Inilah 5 Cara Mudah Memisahkan Kuning Telur Dari Putih Telurnya

Olahan makanan yang memakai kuning telur sebagai bahan utama, membuat saya berpikir bagaimana cara mudah untuk memisahkan kuning telur dari putih telurnya. Menjengkelkan saat memisahkan, nyatanya masih ada putih telur yang menempel pada kuning telurnyanya. Ketika akan dipisahkan lagi, kuning telurnya malah ikutan pecah. Putih telur biasanya dipakai untuk perekat campuran sedangkan kuning telur sering dipakai saat membuat kue bolu maupun vla. Putih telur yang masih menempel pada kuning telur menyebabkan hasil makanan terasa amis serta kue tidak mengembang sempurna.


 Langkah pertama yang harus bunda lakukan ketika memisahkan kuning telur yaitu mendinginkannya terlebih dahulu. Kuning telur yang dingin biasanya lebih stabil sehingga lebih mudah dipisahkan dari putih telurnya. Apabila terlanjur menyimpan telur di suhu ruangan, lebih baik masukkan dulu ke dalam kulkas kurang lebih satu jam sebelum dipecahkan. Sebaiknya telur yang kita pilih harus masih segar agar bagian putih telur yang kental lebih sedikit. Yuk kita simak cara memisahkan kuning telur dari putih telurnya.


 1. Memisahkan kuning telur dengan tangan

Sebelum memisahkan kuning telur, cuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun sampai bersih. Minyak dan kotoran yang menempel akan membuat putih telur lebih susah terpisah dari kuning telurnya. Setelah mencuci tangan serta dikeringkan, siapkan mangkok terlebih dahulu, taruhlah di bawah tangan bunda. Pecahkan telur dengan hati-hati dan letakkan ke dalam tangkupan tangan bunda.

Biarkan putih telur menetes melalui sela-sela jari anda ke dalam mangkok. Jika masih ada putih telur yang menempel, pindahkan kuning telur dari satu tangkupan tangan ke tangan lain secara hati-hati. Setelah itu, pindahkan kuning telur yang telah terpisah di dalam mangkok lain.

2. Memisahkan kuning telur dengan cangkang

Terlebih dahulu cuci telur dengan hati-hati sebelum dipecahkan agar tidak ada kotoran yang menempel. Jika ada kotoran yang membandel, pakailah sikat lembut dan gosoklah perlahan. Kemudian keringkan lalu pecahkan telur di bagian yang paling menggembung agar pecahan cangkangnya rata. Pecahkan pada pinggiran mangkok atau pinggiran meja dapur agar serpihan cangkang tidak ikut menempel pada telurnya.


Lebih gampang memindahkan kuning telur diantara dua pecahan cangkang yang rata. Setelah telur pecah, pindahkan dengan hati-hati kuning telur dari satu bagian cangkang ke cangkang yang lain hingga semua putih telur terpisah sempurna. Masukkan kuning telur ke dalam mangkuk yang lain setelah terpisah.


3. Memisahkan kuning telur dengan alat khusus

Supaya lebih gampang, bunda tentu bisa membeli alat pemisah telur untuk memisahkan kuning telur dari putihnya. Selain memakai alat pemisah telur, bunda juga bisa memakai centong yang berlubang atau corong kecil untuk memisahkan kuning telur dari putihnya. Pecahkan telur di atas alat pemisah telur atau centong berlubang dengan hati-hati supaya kuning telurnyanya tidak pecah. Goyangkan alat perlahan sampai putih telur menetes ke bawah mangkok. Kalau masih ada putih telur kental yang menempel, kita dapat memakai sendok kecil untuk memisahkan dari kuning telurnya.


4. Memisahkan kuning telur memakai botol plastik kosong

Jika bunda punya botol plastik kosong, dapat memanfaatkannya untuk memisahkan kuning telur. Caranya mudah, pastikan botol plastik kering dan bersih kemudian buang setengah udara dari botol tersebut. Pecahkan telur dan letakkan di mangkok kecil, posisikan mulut botol dekat dengan kuning telur. Pastikan kuning telur tidak pecah, tekan botol lalu lepaskan perlahan hingga kuning telur masuk ke dalam botol. Miringkan botol agar kuning telur tidak keluar. Pindahkan segera kuning telur ke dalam mangkuk lain.


5. Memisahkan kuning telur memakai bawang

Ini adalah cara yang terakhir untuk memisahkankuning telur dari putih telurnya, yaitu dengan memakai bawang putih. Cara ini menurut saya adalah yang paling praktis dan mudah.


Caranya adalah, sediakan 1 siung bawang putih yang telah dikupas. Kemudian gosokkan jari telunjuk dan jempol pada bawang putih tersebut. Pecahkan telur yang sudah dibersihkan lalu tempatkan di dalam mangkok. Kemudian secara perlahan, cubitlah bagian atas kuning telur dan akan dengan mudah kuning telur kita ambil dan kita pindahkan ke cangkir kosong. Nampak kuning telur tidak pecah sama sekali dan bagian putihnya juga tetap bersih.


Setelah dipindahkan, bunda bisa segera mengolah kuning atau putih telur yang telah dipisahkan. Jika saat dipecahkan terdapat serpihan cangkang telur yang menempel, basahi jari kemudian ambil serpihan cangkang memakai jari secara perlahan. Silahkan memakai cara yang paling pas bagi bunda untuk memisahkan kuning telur dari putih telurnya. Kalau gagal dipisahkan, bunda juga dapat mengolah telur menjadi masakan lain supaya tidak terbuang sia-sia. Selamat mencoba!


Baca juga : Beberapa Kesalahan Dalam Membuat Kue Bolu Yang Harus Diketahui 


LihatTutupKomentar