-->

Inilah Cara Cepat Mengupas Kentang Agar Hemat Waktu



Diantara bunda, siapa yang tidak suka kentang? Umumnya, makanan yang dikategorikan ke dalam umbi-umbian ini diolah untuk dijadikan kentang goreng, perkedel maupun bahan tambahan pada menu masakan lainnya.

Tetapi, saat akan mengolahnya biasanya diperlukan waktu untuk mengupas kulit kentang terlebih dahulu. Bentuk kentang yang tidak bulat sempurna membuatnya agak susah untuk dikupas serta perlu waktu yang tidak sebentar untuk mengupasnya. Maka dari itu, bunda perlu memahami teknik mengupas kentang supaya lebih gampang dan hemat waktu.

Cara Cepat Mengupas Kentang Yang Efisien

Umumnya alat yang dipakai untuk mengupas kulitnya yaitu dengan menggunakan alat pengupas (peeler) atau dengan pisau. Berikut ini adalah langkahnya:

1. Kupaslah Kulit Kentang dengan Gerakan Memutar 

Teknik mengupas kulit kentang yang pertama dapat dilakukan dengan memakai pisau dapur. Mengupas kulit kentang dengan gerakan memutar sangat gampang untuk dilakukan. Pertama, pegang kentang di tangan kiri dengan posisi berdiri. Sedangkan tangan kanan dipakai untuk memegangi pisau.

Kemudian, kupas kulit kentang dimulai dari bagian atas dengan cara memutar kentang. Sedangkan untuk tangan kanan yang memegang pisau biarkan tetap diam. Dengan teknik ini maka proses awal mengupas kentang dapat jjadi lebih gampang. Lakukan cara ini sampai semua kulit kentang selesai dikupas.

2. Rebus Kentang Beserta dengan Kulitnya

Kalau jumlah kentang yang akan dikupas banyak, tentu saja akan memerlukan waktu yang lumayan lama. Jalan keluar dari masalah ini yakni mengupas kulit kentang dengan memakai teknik perebusan atau merebus kentang terlebih dahulu sebelum mengupas kulitnya.

Teknik ini juga mudah kok, Pertama, rebus kentang yang sebelumnya telah dicuci. Rebus kentang kurang lebih 3-5 menit atau sampai air mendidih, penggunaan teknik ini dapat membuat kulit kentang tidak terlalu menempel dengan daging kentang. Lanjutkan dengan mengelupas kulit kentang dengan memakai pisau dapur.

3. Merendam Kentang di dalam Air Dingin

Selain merebus kentang, bunda juga dapat merendam kentang di air dingin agar kulitnya gampang dikupas. Pertama, masukkan kentang ke dalam semangkuk air dingin kemudian tunggu lagi selama lima menit. Dijamin,kulit kentang akan lebih gampang dikupas serta kentang tidak akan berubah menjadi coklat. Tentunya, teknik ini juga akan menghemat waktu.

4. Sayat Bagian Tengah Kemudian Rebus

Cara gampang selanjutnya untuk mengupas kulit kentang yaitu dengan menyayat bagian tengah kentang lalu merebusnya. Cara satu ini diyakini dapat mempersingkat waktu mengupas kulit kentang jika jumlahnya sangat banyak .

Pertama, sayat kulit kentang bagian tengah dengan gerakan melingkar. Jangan menyayat kentang terlalu dalam karena dapat membuat kentang terpotong dan putus. Kemudian, rebus kentang selama kurang lebih 2 menit lalu tiriskan dan masukkan ke dalam air dingin. Tujuan dari cara ini untuk menurunkan suhu kentang. Lalu tarik kulit kentang dari ujung kanan dan kiri, kulit kentang akan terkelupas dengan sendirinya.

Nah, Inilah Cara Cepat Mengupas Kentang Agar Hemat Waktu. Cara-cara yang disampaikan di atas sangat praktis sehingga dapat menghemat waktu. Dijamin, bunda tidak akan membuang banyak waktu hanya untuk mengupas kulit kentang saja. Semoga bermanfaat, jangan lupa share.

Baca : 6 Tips Menghemat Pemakaian Gas LPG


LihatTutupKomentar