-->

Resep Kue Selimut Bujang (Carang Gendis)


Resep Kue Selimut Bujang (Carang Gendis) 
Bahan : 
Kulit : 
200 g tepung ketan 
1 sdm tepung kanji ( 15 g) 
120 - 150 ml air hangat 
1/2 sdt garam atau secukupnya 


Cara Membuat : 
- Campur tepung ketan dengan tepung kanji. Sisihkan.
- Campur garam dengan air hangat. Tuangi tepung ketan dengan air hangat sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai adonan lembab dan berbulir seperti pasir, kalau dikepal menggumpal tapi tidak basah. Hati-hati nambah air ya
- Kalau adonan terlalu basah nanti susah disaring.  Diamkan 10 menit supaya air terserap ke dalam tepung. Siapkan wadah bersih dan saringan yg tidak terlalu rapat lubangnya ( saya pakai saringan kawat yang agak rapat, proses jadi lebih lama tapi hasilnya bagus karena lebih halus). 
- Saring adonan sambil ditekan tekan dengan jari. Lakukan sampai adonan habis. Adonan akan berbentuk butiran halus setelah disaring. 
- Panaskan teflon dadar dengan api paling kecil. Semprot dengan air, lalu taburkan tepung ketan yang telah diayak membentuk lingkaran, usahakan tebalnya merata. Semprot dengan air. Beri isian unti. Apabila pinggirannya telah terlihat sedikit terangkat dan mengering lipat  dua bagian sisinya ke arah tengah menutupi unti. Semprot lagi dengan air. Balikan, diamkan beberapa saat sampai benar2 kering.  Angkat lalu dinginkan. Simpan di wadah tertutup.

Unti :
150 g kelapa parut
60 g gula merah disisir halus
2 sdm gula pasir
Sejumput garam 
Setengah gelas air
1 lembar daun pandan 


Cara : 
Masak semua bahan sampai kesat dan airnya mengering.
LihatTutupKomentar