-->

Resep Donat Pisang Nikmat


Resep Donat Pisang Nikmat

Barusan saya bikin donat pisang, demi menyelamatkan pisang yang tinggal sebiji dan sudah terlalu matang. Biar donatnya nggak terlalu polos, saya kasih topping dark chocolate leleh, pistachio, dan keju parut.
Untuk 12 buah

Bahan :
300 gr tepung terigu serbaguna
1/2 bks (5,5 gr) ragi instan
45 gr gula pasir
1 btr telur
45 ml susu cair
100 gr pisang super matang, haluskan
35 gr mentega
1/8 sdt garam
Minyak untuk menggoreng donat
Topping: dark cooking chocolate leleh, kacang, keju parut, atau sesuai selera

Cara Membuat :
1. Dalam wadah, campur tepung, ragi, gula, telur, dan susu cair. Uleni sebentar. Tambahkan pisang halus. Uleni hingga tercampur rata. Terakhir tambahkan garam dan mentega. Uleni hingga kalis dan elastis (sekitar 30 menit menguleni dengan tangan).
2. Bulatkan adonan, tutup wadah dengan lap lembab / plastic wrap. Letakkan di tempat hangat hingga mengembang dua kali lipat (60 menit).
3. Kempiskan adonan. Bagi 12. Bulatkan / bentuk sesuai selera. Atur pada loyang, beri jarak. Tutup lagi dengan lap lembab, dan diamkan selama 15-20 menit hingga adonan mengembang dan ringan.
4. Panaskan minyak goreng yang banyak pada wajan. Api harus sangat kecil, agar donat matang merata hingga ke dalam, dan permukaan luarnya tidak cepat gosong.
5. Goreng donat 3-4 sekali menggoreng. Cukup balik sekali saja. Ketika donat sudah matang dan kuning kecokelatan, angkat dan tiriskan. Lakukan hingga adonan habis.
6. Ketika donat masih hangat, celupkan permukaannya pada DCC leleh. Beri topping lain sesuai selera. Siap disajikan.
LihatTutupKomentar