-->

Cara Membuat Golden Syrup Kental dan Pekat Seperti Madu


Resep Golden Syirup

Resep: todd's kitchen 
Recook by: Wawa Wiati 

Bahan A : 
3  sdm  air 
100  g gula pasir 
Bahan B: 
300 ml air mendidih 
500 g gula pasir 
1 buah lemon kecil diiris 1/2 cm ( saya 3 sdm air perasan lemon) 

Cara Membuat Golden Syrup : 
Siapkan panci, masak bahan A sampai gula larut dan menjadi karamel berwarna kuning keemasan, hati-hati jangan sampe gosong. 
Tuangi air mendidih, hati-hati karena air akan muncrat jadi tuang pelan sedikit-sedikit dan posisi tangan jangan terlalu dekat dengan panci. 
Aduk sampai karamel larut dengan air. Masukan gula pasir, aduk sampai larut dan mendidih. Masukan irisan lemon/ air perasan lemon. 
Kecilkan api, Lanjut masak dengan api paling kecil sekitar 25 - 30 menit ( waktu gak mutlak bisa kurang atau lebih) sampai terlihat sedikit mengental, gak perlu diaduk aduk yaa.. 
Untuk mengetahui tekstur yang pas bisa di test dengan cara menyediakan air dingin biasa setengah gelas atau setengah mangkuk kecil. 
Ambil sedikit larutan  gula lalu teteskan ke dalam air jika larutan langsung buyar dan tercampur dengan air berarti tekstur sirup blm pas lanjut memasak,  tapi kalo ditetesin ke dalam air terbentuk lapisan yang turun dan mengendap ke bawah sirup sudah siap. 
Lapisan yang mengendap dibawah kalo diaduk dia masih bisa tercampur rata dengan air seperti tekstur sirup botolan. Tapi kalo larutan yang mengendap susah tercampur saat diaduk dan menjadi liat seperti jelly berarti over cook yaaa tambahin air sedikit lalu masak lagi sampai didapat tekstur yang pas. 
Saat masih panas larutan gula agak kental tapi masih sedikit cair dia akan berubah jadi kental dan pekat seperti madu setelah dingin.
LihatTutupKomentar