-->

Tips Jitu Dalam Memilih Buah Semangka



Tips Jitu Dalam Memilih Buah Semangka

Buah semangka adalah yang paling sering dikonsumsi sebagai fruit dessert atau buah penutup. Rasa segar buah semangka memang sangat cocok untuk menjadi pencuci mulut, rasanya yang manis juga menjadikan semangka disukai oleh banyak orang. Olahan dari daging buah semangka pun juga beragam, mulai dari sup buah, jus, dan es buah. Intinya, banyak yang memakai semangka sebagai bahan utama atau sekedar campuran.

Untuk memilih buah semangka, ada 3 hal yang perlu dicatat, mulai dari warna kulit semangka, suaranya ketika diketuk dan juga beratnya. Tujuannya adalah agar kita mendapatkan buah semangka yang matang dan sempurna, karena semangka yang belum matang tidak mempunyai rasa yang manis, hanya terdapat kandungan airnya saja.
Makanya, mari simak tips jitu memilih buah semangka berikut ini:

1. Memilih Semangka Dengan Menepuk Permukaannya
Hal pertama yang harus diperhatikan adalah suaranya. Ketika ditepuk, suara yang dihasilkan masih bergema kencang kemungkinan besar semangka ini belum matang. Tetapi ketika suara yang dihasilkan tidak begitu nyaring, semangka ini berarti sudah manis dan matang.

2. Memilih Semangka Dengan Melihat Warna Kulitnya
Buah semangka memiliki warna hijau dengan garis hijau muda yang mengelilingya, coba lihat pada bagian pangkal semangka, jika masih berwarna kuning pucat, maka semangka ini belum matang. Tetapi kalau semangka sudah sempurna berwarna hijau pada seluruh bagiannya, maka dipastikan jika semangka tersebut telah matang.

3. Memilih Semangka Dengan Menimbang Beratnya
Semangka kaya dengan kandungan mineral yang membuat beratnya semakin bertambah ketika sudah matang. Nah, jika semangka yang kita pilih ini beratnya telah terasa mantap dan pas, berarti kandungan air didalamnya juga banyak. Ini pertanda jika semangka sudah siap untuk dikonsumsi.

Itu dia bunda, beberapa tips jitu dalam memilih semangka, usahakan untuk rutin mengkonsumsi buah ini ya bunda, karena buah ini mempunyai berbagai vitamin yang bermanfaat untuk tubuh kita.

LihatTutupKomentar