-->

Resep Kue Bangkit Santan


Resep Kue Bangkit Santan
Bahan :
- 500 g tepung kanji/ tapioka, ditimbang setelah disangrai 
- 5 lembar daun pandan dipotong potong
- 120 g gula halus ( saya gula pasir di blender bersama garam )
- Sejumput  garam
- 2 kuning telur
- 60 g margarin
- 180 sampai 200 ml santan kental ( saya santan instan tanpa dicampur air)


Cara Membuat Kue Bangkit Santan :
- Sangrai tepung tapioka  bersama potongan daun pandan dengan api kecil sampai daun pandan benar-benar mengering dan tepung terasa ringan (saya 650 gr karena tepung akan menyusut setelah disangrai, sisanya buat cadangan kalo adonan kelembekan )
- Dinginkan ( saya dibiarkan sehari ) 
- Campur telur, margarin, garam  dan gula dalam wadah yang cukup besar. Kocok dengan whisker atau mixer sampai gula larut dan semua tercampur rata ( saya:  gula, garam, telur, margarin dan santan diblender biar cepet ) 
- Masukan tepung kanji, lalu uleni sambil dituangi santan sedikit demi sedikit sampai tercampur rata dan adonan bisa disatukan semua, tidak beremah.  Kalo adonan terlalu kering tidak bisa disatukan boleh ditambah santan. Yang perlu diingat  adonan memang tidak selembut adonan kue kering biasa ya, Sedikit kering dan kalo ditekan agak ambyar jadi butuh tenaga ekstra buat  menipiskannya sebelum dicetak. Jangan tergoda untuk terus menambah santan supaya adonan jadi lembut ya, adonan yg terlalu lembut menyebabkan kue kurang lumer setelah matang. 
- Cetak adonan  dengan cetakan kue satu atau cookie cutter. Jangan terlalu tebel supaya matang luar dalam.  Panggang dengan api sedang sampai matang. 
- Dinginkan lalu simpan dalam toples yang bisa ditutup rapat. Jangan sampai kebanting atau jatuh ya karena kue agak rapuh.
LihatTutupKomentar