-->

Cara Membuat Kue Keciput


Resep Kue Keciput 

Bahan : 
- 200 g tepung ketan 
- 60 g gula pasir butiran halus ( saya diblender) 
- 1/2 sdt garam 
- 1 butir telur ukuran besar 
- 1/2 sdt sp 
- 2 sdm air kapur sirih 
- 80-100 ml santan / air biasa


Cara Membuat Kue Keciput :
- Kocok gula, telur, garam dan sp sampai gula larut dan mengembang, boleh pakai mixer, whisker atau garpu kalau bikinnya sedikit. 
- Masukan tepung dan air kapur ke dalam kocokan telur. Uleni sambil ditambahkan air/ santan secukupnya sampai adonan dirasa lembut dan kalis. Masukan adonan ke dalam plastik segitiga atau plastik biasa. 
- Gunting ujungnya kira-kira sebesar lubang tutup botol kecap ( jangan terlalu besar karena kue nanti ngembang) semprotkan adonan di atas wadah yang berisi wijen, adonan yang bagus harusnya pas  dan enak buat disemprotin, gak keras. 
- Setelah terbentuk sekitar 5 buah, goyangkan wadah yang berisi wijen sampai kue terbalut wijen. Angkat satu persatu, letakan di telapak lalu pelintir pelan-pelan saja hanya supaya biji wijennya nempel sempurna dan rapi. Lakukan sampai adonan habis. 
- Goreng dalam minyak panas dengan api kecil sampai berwarna coklat keemasan. Jangan telalu sering dibalik supaya wijennya tidak rontok. Saat masih panas kue sedikit empuk tapi setelah dingin mengeras dan renyah dengan sendirinya.
LihatTutupKomentar