-->

Resep Cenil Tidak Alot Meskipun Sudah Dingin, Untuk Jualan

 

cenil tidak alot - by @jajanantradisionalenak

Resep Cenil Tidak Alot Meskipun Sudah Dingin, Untuk Jualan

Cenil merupakan makanan yang legendaris yang merupakan jajanan pasar. Rasanya kenyal-kenyal manis dengan tambahan parutan kelapa. Kadang kita menemukan cenil yang teksturnya alot ketika sudah dingin. Jika bunda ingin membuat cenil yang tidak alot meskipun sudah dingin, berikut ini resep cenil tidak alot meskipun sudah dingin dan bisa untuk jualan.

 

Bahan-bahan :

- 10 mika ukuran sedang

- 250 gr tepung terigu

- 250 gr tepung tapioka

- garam secukupnya

- air mendidih secukupnya (untuk adonan)

- pasta pandan secukupnya

 

Taburan :

- 3/4 buah kelapa parut (dikukus)

- gula pasir secukupnya

 

Cara Membuat Cenil Tidak Alot Meskipun Sudah Dingin :

- Langkah pertama rebus air sampai mendidih. Di dalam wadah berisi tepung terigu, tuang air panas sambil diaduk memakai spatula (jangan terlalu encer) dan berikan pasta pandan.

- Selanjutnya tambahkan tepung tapioka sambil terus diaduk. Uleni sebentar hingga tidak lengket di tangan. Sebaiknya jangan over ketika menguleni, karena akan menyebabkan alot.

- Kemudian ambil sedikit adonan dan diplintir hingga habis.

- Rebus air  dan daun pandan sampai air panas. Masukan adonan cenil tadi dan tunggu sampai mengapung. Jangan langsung diangkat ya, tunggu beberapa saat baru ditiriskan. Lakukan sampai adonan cenil habis.

- Tiriskan cenil beberapa saat.

- Selanjutnya gulingkan ke kelapa parut yang sudah dikukus (sebelum dikukus diberi garam sdkit), aduk memakai spatula. Jangn langsung kontak dengan tangan, karena cenil akan cepat basi (boleh menggunakan tangan yang dibungkus menggunakan plastik).

- Masukan cenil ke dalam mika dan beri gula pasir.

- Cenil siap untuk dijual.

 

Nah, itu tadi resep cenil tidak alot yang bisa bunda coba di rumah. Ide cenil ini bisa dijadikan untuk jualan lho bunda. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share.

Baca juga : Cara Membuat Tiwul Gula Merah

LihatTutupKomentar