-->

Cara Membuat Kue Taripang khas Makassar

 

resep kue taripang - by @sartikacandra80

Cara Membuat Kue Taripang khas Makassar

Kue ini khas makassar namanya kue Taripang. Cara membuatnya juga cukup mudah dan rasanya enak. Yuk simak cara membuat kue taripang khas Makassar berikut ini.

 

Bahan-bahan :

- 300 gr tepung ketan (bisa pakai putih atau hitam)

- 200 gr gula merah

- 75 ml air

- santan dengan kekentalan sedang secukupnya (santan dipanaskan sedikit jangan sampai mendidih)

- 1/2 biji kelapa parut yang muda

- sejumput garam

- minyak goreng secukupnya

 

Cara Membuat Kue Taripang :

- Di dalam mangkok besar masukkan tepung ketan serta kelapa muda parut, campurkan dengan memakai tangan supaya kelapanya tidak menggumpal. Masukkan sejumput garam, aduk-aduk sampai rata.

- Selanjutnya masukkan santan sedikit demi sedikit, hanya sampai adonan agak kalis dan dapat dipulung.

- Kemudian pulung atau bentuk menurut selera. Bisa lonjong atau agak pipih.

- Selanjutnya goreng dalam minyak panas memakai api sedang cenderung kecil. Jika memakai api besar bisa meletus kuenya. Setelah semua matang lalu sisihkan.

- Pada tempat terpisah masak gula merah dengan air. Sebaiknya memakai wajan karena nanti akan dipakai untuk mengaduk kue yang dipulung tadi.

- Masak gula sampai kental. Kemudian masukkan kue yang sudah dipulung. Matikan api kompor. Aduk terus hingga gula dan kue menyatu dan gulanya menyusut.

- Jika sudah agak kering angkat segera dari wajan karena gula yang menempel di kue akan mengeras. Kue taripang siap dinikmati, luarnya garing dalamnya lembut.

 

Nah, itulah tadi cara membuat kue taripang khas Makassar yang bisa dicoba di rumah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share.

Baca juga : Cara Membuat Gemblong Ketan

LihatTutupKomentar