-->

Cara Memasak Steak Agar Lebih Juicy dan Empuk

 

cara memasak daging steak

Cara Memasak Steak Agar Lebih Juicy dan Empuk

Steak adalah olahan makanan berbahan daging yang banyak disukai orang. Selain rasa steak yang enak, steak juga makanan yang kaya akan protein yang bermanfaat bagi tubuh. Steak juga merupakan makanan yang mengenyangkan.


Cara memasak steak bisa dikatakan gampang-gampang susah. Tekstur daging steak yang enak yaitu empuk, juicy dan juga tidak alot. Jika kita salah dalam memasak steak, daging akan terasa alot bahkan mungkin terasa keras. Lalu, bagaimana caranya memasak agar steak lebih empuk dan juicy? Yuk, simak tipsnya berikut ini.


Potongan Daging 

Tips pertama yang harus diperhatikan yaitu potongan daging. Biasanya potongan daging yang dipakai untuk steak adalah rib eye, strip cut, tendeloin, dan juga T-bone. Pada daging ini mengandung lebih banyak lemak dan lebih empuk serta juicy ketika diolah.


Selain itu, berat dan ketebalan daging steak juga harus diperhatikan. Steak yang ideal mempunyai berat sekitar 200 gram dengan potongan setebal 1,5 cm. Untuk berat paling rendah yang biasa digunakan yaitu sekitar 100 gram.

 

Marinasi Daging

Sebelum dipanggang atau diolah, daging steak terlebih dahulu dimarinasi. Bukan hanya membuat daging steak lebih empuk, teknik marinasi juga akan memberikan cita rasa daging yang lebih enak karena bumbu marinasi meresap ke dalam daging dengan baik. Bumbu marinasi yang biasa dipakai yaitu air lemon, cuka, susu atau mentega yang sifatnya dapat melembutkan daging.

 

Taburi atau Lumuri Daging Menggunakan Garam

Cara selanjutnya agar steak lebih juicy dan empuk yaitu dengan menaburi atau melumuri daging menggunakan garam sebelum diolah. Garam memiliki sifat melunakkan daging serta mengurangi kelembaban daging. Garam akan membuat cita rasa daging steak lebih gurih.

 

cara memasak daging steak agar empuk

Gunakan Suhu Yang Tepat

Pastikan untuk memakai suhu yang tepat ketika memasak daging terutama untuk daging steak. Suhu yang terlalu rendah akan menyebabkan daging menjadi alot sedangkan suhu yang terlalu tinggi dapat menyebabkan daging menjadi keras. Sebaiknya masak daging steak dalam suhu sedang namun tetap stabil.

 

Istirahatkan Steak

Istirahatkan daging steak sejenak sebelum disajikan. Mengistirahatkan daging yang ideal yaitu 5 menit per 2,5 cm ketebalan daging dan 10 menit untuk daging seberat 400 gram. Sebaik dan seenak apapun kalian dalam memasak daging steak, steak akan menjadi alot bahkan keras saat tidak diistirahatkan terlebih dulu sebelum disajikan.

 

Nah, itulah beberapa cara memasak steak agar lebih juicy dan empuk. Semoga tips ini bermanfaat dan jangan lupa share.

Baca juga : Resep Chicken BBQ Steak

LihatTutupKomentar