-->

Cara Memasak Sarang Burung Walet Yang Benar

 

cara memasak sarang burung walet - by @yanobirdnest

Cara Memasak Sarang Burung Walet Yang Benar

Cara memasak sarang burung walet melalui beberapa langkah. Khasiat sarang burung walet bagi kesehatan cukup kompleks. Oleh karena itu banyak orang yang mencarinya untuk dikonsumsi. Disamping bermanfaat bagi kesehatan, manfaat lainnya sarang burung walet yaitu mempunyai rasa yang manis serta bagus dikonsumsi karena bergizi tinggi.

 

Membersihkan Sarangnya Terlebih Dulu

Untuk memasak sarang burung walet yang lezat, membutuhkan langkah yang tepat pula. Sebelum dimasak, sarang burung walet wajib dibersihkan terlebih dahulu. Hal ini agar sarang burung walet benar-benar bersih dan tidak ada kotora yang tertinggal. Langkah awal yaitu dengan memasukan sarang burung walet ke dalam mangkuk.

 

Berikutnya, tuang air bersih ke dalam mangkuk terendam seluruh permukaan sarang burung walet. Ini dilakukan supaya sarang burung walet bisa menyerap air tersebut. Untuk memastikannya benar-benar bersih, air yang dipakai untuk merendam walet dapat diganti satu sampai dua kali, lakukan langkah ini secara berulang sebanyak 3 hingga 4 kali. Sesudah direndam air, biarkan tiga sampai delapan jam supaya bentuk sarang semakin melebar dan berubah menjadi lebih lembut.

 

Untuk menjaga kebersihannya, sebaiknya mengambil sisa kotoran yang masih menempel dengan gunting kecil, pinset maupun benda lainnya yang dapat menjangkau seluruh permukaan sarang tanpa merusaknya.

 

Cara Memasak Sarang Burung Walet Yang Benar

Cara memasak sarang burung walet yang benar perlu dilakukan untuk memperoleh sarang burung walet yang bergizi dan lezat. Sebaiknya jangan memasak dengan membakarnya di atas api secara langsung. Karena hal ini membuat khasiat sarang burung walet akan menurun jika dipanaskan lebih dari 80 derajat celcius.

 

Biasanya, sarang burung walet diletakkan di dalam mangkuk sebelum ditaruh di dalam panci berisi air. Teknik ini dinamakan double boiling. Selain merebus, cara memasak sarang burung walet juga bisa dilakukan dengan cara pengukusan. Aneka kreasi lainnya, disesuaikan dengan selera. Tetapi, pastikan jika resep sarang burung walet yang dipakai sesuai dan tidak menghilangkan manfaat dari sarang burung walet.

 

cara memasak sarang burung walet - by @firstbirdnest

Sarang burung walet dapat dihidangkan sebagai sup atau es. Jika ingin mengolah sarang burung walet sebagai sup, yang harus diperhatikan adalah bahan-bahan dan cara pemasakan. Bahan-bahan membuat sup burung walet, berikut ini :

- Sarang burung walet secukupnya

- satu mangkuk air bersih

- Gula batu atau bisa diganti dengan madu mentah organik

- Sebagai tambahan, bisa juga memasukan kurma merah, ginseng korea, dan juga lengkeng kering.

 

Sesudah semua bahan terkumpul, langkah berikutnya yaitu memasak sup sarang burung walet. Cara memasaknya seperti berikut :

- Langkah pertama, taruhlah sarang burung walet di dalam mangkuk.

- Kemudian tuangkan air ke dalam mangkuk yang sudah terisi sampai penuh. Dapat juga menambahkan dengan bahan tambahan lain misalnya ginseng korea atau kurma merah.

- Selanjutnya nyalakan kompor dan tunggu supaya air di dalam panci mendidih kurang lebih 15 menit.

- Sesudah mendidih, campurkan  gula batu ke dalam sup. Menikmati sup sarang walet selagi masih hangat dapat membuat tubuh kembali fit dan bugar.

 

Jika bunda lebih suka minuman atau makanan segar, sup burung walet yang tadi dimasak bisa dirubah menjadi minuman. Caranya mudah, sesudah selesai dimasak, segera tuangkan ke dalam botol minuman, kemudian simpan di dalam kulkas.

 

Disamping cara memasak, waktu menikmati sarang burung walet juga perlu diperhatikan. Sarang burung walet merupakan tonik, sehingga cara terbaik untuk mengonsumsinya yaitu ketika perut belum terisi, agar nutrisi dapat diserap oleh tubuh dengan baik.

 

Ah, itulah cara memasak sarang burung walet yang bisa bunda terapkan di rumah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share.

LihatTutupKomentar