-->

Resep Pesmol Ikan Nila, Nikmat dan Bumbunya Meresap

 

resep pesmol ikan nila - by @yuliani_sophie

Resep Pesmol Ikan Nila, Nikmat dan Bumbunya Meresap

Jika bunda memiliki stok ikan nila di rumah, bunda bisa mencoba resep pesmol ikan nila. Daging ikan nila yang gurih dan lembut, bercampur dengan rasa asam, manis dan pedas ini akan semakin nikmat dan lembut. Sajian ini bisa menjadi sajian istimewa bagi keluarga tercinta.

 

Bumbu pesmol berasal dari rempah bawang putih, bawang merah, kunyit, kemiri, jahe dan ditambah bahan lainnya. Sesudah itu dimasak bersama ikan nila yang sudah digoreng terlebih dahulu sampai bumbu pesmol meresap sempurna. Supaya ikan nila yang sudah dimasak tidak beraroma amis, lumuri ikan menggunakan perasan air jeruk nipis serta garam terlebih dahulu sebelum ikan digoreng. Yuk, simak resep pesmol ikan nila yang nikmat berikut ini!

 

Bahan :

- 1 kg ikan nila

- 200 ml santan

- Gula, garam dan kaldu bubuk secukupnya

- 1 batang daun bawang, iris kasar

- 2 buah cabai merah, iris kasar

- 5 buah cabai rawit, biarkan utuh

- cuka sedikit

 

Bumbu Halus :

- 10 butir bawang merah

- 8 siung bawang putih

- 4 buah kemiri

- 1/2 sdt ketumbar

- 2 cm kunyit

- Minyak goreng untuk menumis

 

Bumbu lainnya :

- 1 cm jahe

- 1 cm lengkuas

- 2 lembar daun salam

- 1 batang serai

 

Cara Memasak Pesmol Ikan Nila :

- Langkah pertama yaitu cuci ikan nila sampai bersih, kemudian kerat-kerat ikan dan buang sisiknya. Kemudian lumuri menggunakan garam dan perasan air jeruk nipis. Biarkankan beberapa saat selama 30 menit. Selanjutnya goreng ikan nila sampai kering dan matang. Angkat ikan dan sisihkan.

- Langkah berikutnya haluskan bumbu halus, kemudian tumis bersama dengan bumbu lainnya sampai beraroma harum. Tambahkan santan dan masak sampai mendidih.

- Masukkan ikan, dan tambahkan garam, gula, kaldu bubuk serta sedikit cuka masak.

- Test rasa, jika dirasa sudah pas, tambahkan daun bawang, cabai merah iris dan juga cabai rawit utuh. Masak sampai airnya surut.

- Angkat lalu sajikan bersama dengan nasi hangat.

 

Nah, itulah resep pesmol ikan nila yang nikmat dan bumbunya meresap. Semoga resep ini bermanfaat dan bisa dipraktekkan di rumah. Jangan lupa share ya bunda!

 

Baca juga : Cara Memasak Ikan Salmon Goreng

LihatTutupKomentar