Cara Memasak Kacang Almond Yang Praktis dan Mudah

 


Cara Memasak Kacang Almond Yang Praktis dan Mudah

 

Kandungan nutrisi kacang almond sangat baik dan bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Manfaat kacang almond ini tetap dapat kita dapatkan meskipun almond tersebut sudah diolah menjadi berbagai olahan makanan. Almond termasuk bahan makanan yang gampang untuk diolah dan dibuat memjadi berbagai makanan. Ada beberapa cara memasak kacang almond yang bisa dipraktekkan.

 

Cara Memasak Kacang Almond Dengan Oven

Cara yang pertama untuk memasak kacang almond dengan oven. Kita Cuma butuh beberapa alat saja. Alatnya yaitu oven itu sendiri, loyang, kertas roti, serta beberapa kacang almond yang telah dipotong.

Taburkan kacang almond secara merata ke dalam loyang yang sudah dialasi dengan kertas roti Panggang ke dalam oven dengan suhu 175 derajat celcius. Panggang kacang almond selama 10 menit dan jangan lupa untuk membolak-balikkan kacang almond supaya matangnya merata. Jika sudah berwarna coklat keemasan, angkat almond. Almond yang sudah matang akan mengeluarkan bau wangi. Selanjutnya dinginkan dengan meletakkan di atas piring atau wadah pada suhu ruangan.

 

Memanggang Kacang Almond Dengan Tambahan Minyak

Cara memasak kacang almond selanjutnya yaitu dipanggang dengan tambahan minyak. Tetapi tidak usah khawatir, karena ini berbeda dengan digoreng ya, nutrisi kacang almond tetap utuh meskipun ditambah dengan minyak. Caranya gampang sekali. Panaskan oven dengan suhu 175 derajat celcius, selanjutnya siapkan loyang yang sudah dilapisi dengan alumunium foil.

Kemudian taburkan kacang almond secara merata di atasnya. Selanjutnya tuang minyak canola ke seluruh bagian almond secara merata. Panggang kacang almond selama 8 – 10 menit dan jangan lupa untuk diaduk supaya matangnya merata. Sesudah matang angkat dan tiriskan pada sebuah wadah. Selanjutnya, taburkan garam biasa atau garam laut supaya rasanya lebih gurih, asin, dan sedikit manis dari kacang almond itu sendiri.

 

Cara Memasak Kacang Almond Dengan Tambahan Madu

Pengolahan kacang almond dengan tambahan madu jarang dipakai karena jarang ada yang tahu. Kita bisa memadukan almond dengan madu. Langkah pertama, taburkan almond ke dalam loyang yang telah dilapisi menggunakan kertas roti. Taburkan secara merata selanjutnya masukkan ke dalam oven yang telah dipanaskan dengan suhu 175 derajat celcius. Masak kacang almond selama 12 sampai 15 menit hingga kacang almond mengeluarkan aroma yang harum serta warnanya menjadi agak kecoklatan.

 

Saat  memanggang, siapkan campuran gula serta garam di dalam suatu mangkuk kecil saja. Selanjutnya, masukkan campuran gula tersebut (satu sendok makan atau sekitar 15ml)  ke dalam panci. Tuangkan madu, air, dan juga minyak almond secukupnya dan aduk merata. Kemudian rebus sembari memasukkan almond yang telah dipanggang tadi. Aduk sampai kacang almond menyerap semua cairan selama 5 menit. Selanjutnya, tuang kacang almond ke dalam wadah dan taburkan lagi sisa campuran gula dan garam tersebut. Aduk hingga merata. Selanjutnya, biarkan almond dingin dengan meiriskannya di atas kertas lilin atau diamkan di dalam suhu ruangan memakai wadah tertutup atau dalam kantong plastik.

 

Memanggang Kacang Almond Di Atas Kompor

Cara memasak kacang almond selanjutnya adalah dengan memakai kompor di dapur sebagai alternatif untuk memanggang kacang almond. Caranya juga gampang, kita hanya mempersiapkan wajan yang tebal agar hasilnya maksimal. Nyalakan api kompor berukuran sedang, selanjutnya masukkan mentega atau minyak kelapa supaya bisa menambahkan rasa pada panggangannya tersebut.

Selanjutnya iris kacang almond, masukkan ke dalam wajan yang telah terisi dengan lelehan mentega atau minyak kelapa tersebut. Aduk dan goyang-goyangkan kacang almond setiap 30 detik sekali supaya matangnya merata. Selanjutnya kita akan melihat kacang almond menjadi lembab, itu dikarenakan minyak almond yang keluar dari kacang almond itu sendiri. Hal ini yang membuat kacang almond menjadi lebih kaya rasa.

 

Masak kacang almond selama kurang lebih 3 sampai 5 menit atau kita dapat mematikan apinya saat sudah mencium aroma harum yang kuat. Kalau sudah berwarna coklat keemasan, kita dapat menaruh ke piring serta diamkan pada suhu ruangan sampai dingin. Masukkan ke dalam wadah tertutup atau toples supaya kacang almond dapat bertahan hingga waktu dua minggu.

 

Nah itulah Cara Memasak Kacang Almond Yang Praktis dan Mudah. Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi dalam memasak.

 

 Baca juga : Resep Puding Almond Manis

LihatTutupKomentar