Inilah Cara Yang Benar Memasak Nasi Untuk Sushi



Inilah Cara Yang Benar Memasak Nasi Untuk Sushi


Salah satu bahan utama dalam pembuatan sushi adalah nasi. Beras yang dibuat menjadi sushi teksturnya cenderung lengket serta kenyal dibandingkan yang biasa. Untuk membuat sushi memang paling tepat memakai beras Jepang. Pemakaian beras yang salah akan membuat nasi tidak dapat digulung dengan sempurna ketika akan dibuat sushi.

 

Tapi kalau tidak bisa mendapatkan beras Jepang untuk membuat sushi bagaimana? Di bawah ini ada beberapa cara yang benar memasak nasi untuk sushi yang bisa dicoba.

 

1. Pakailah beras yang pulen

Setiap jenis beras mempunyai tekstur yang berbeda. Walaupun tidak memakai beras Jepang, selalu pastikan bunda memakai beras pulen yang berkualitas. Nasi yang pera tidak akan dapat diolah menjadi sushi.

 

2. Campurkan beras dengan ketan

Beras Jepang dalam resep sushi dapat diganti menggunakan campuran beras biasa serta beras ketan dengan perbandingan 1 kg beras -100 gram ketan. Penambahan ketan akan membuat nasi lebih kenyal dan teksturnya lengket. Tekstur yang kenyal dan lengket sangat pas untuk digulung dan dibuat menjadi sushi.

 

3. Campur nasi dengan cuka beras

Cara yang benar memasak nasi untuk sushi selanjutnya adalah dengan mencampurkan nasi dengan sedikit cuka beras dari Jepang, garam, serta gula. Perbandingannya adalah 1 kg beras -150 cc cuka beras - 25 gram garam- 50 gram gula. Lebih baik gunakan cuka beras dari Jepang karena rasanya tidak seasam cuka dari Indonesia. Cara menambahkan cuka yaitu setelah nasi matang dan sudah dikeluarkan dari penanak nasi.

 

4. Aduk beras dengan sendok kayu

Pakailah sendok kayu untuk mengaduk nasi. Penyebabnya adalah sendok stainless steel akan menimbulkan reaksi pada cuka yang ditambahkan pada nasi.

 

Cara yang benar memasak nasi untuk sushi di atas akan membantu kalian mendapatkan tekstur nasi yang tepat dan pas untuk membuat sushi. Jangan terburu-buru dalam mengolah nasi untuk membuat sushi. Dinginkan terlebih dahulu nasi hingga mencapai suhu ruangan, tapi jangan memasukkan ke dalam kulkas ya. Setelah nasi dingin, barulah nasi dapat diolah menjadi sushi.


Terimakasih sudah membaca Cara yang benar memasak nasi untuk sushi, semoga bermanfaat.

Baca juga : Cara Membuat Sushi Crispy


LihatTutupKomentar