-->

Resep Donat Menul Gula, Menul dan Lembut



Kalau ada bahasan dengan tema donat selalu semangat, entah berapa puluh resep donat yg di coba tapi nggak semua sreg dihati. Ini salah satu yang sreg di hati karena lembut, menul, dan muncul white ring nya. 

Resep Donat Menul Gula, Menul dan Lembut

Bahan A :
250 gram terigu protein tinggi
125 ml air hangat kuku
1 butir kuning telur
2 1/2 sdm gula pasir
1 sdm susu bubuk
1 sdt ragi

Bahan Bakar :
50 gram margarin cair suhu ruang

Bahan Lainnya :
Minyak untuk menggoreng
Gula donat untuk taburan / sesuai selera

Cara Membuat Donat Menul Gula :
1. Siapkan wadah lalu campur semua bahan A (terigu, gula, air, ragi, dan susu bubuk) uleni hingga setengah kalis dan adonan tidak menempel di wadah.
2. Setelah setengah kalis tambahkan mentega cair suhu ruang lalu uleni hingga kalis elastis (adonan lentur dan ketika ditarik tidak putus). Tutup dengan kain bersih diamkan 5 menit.
3. Timbang masing-masing seberat 40 gram lalu bulatkan / rounding. Letakkan diatas alas kertas yang dipotong sesuai ukuran bulatan. Taburi kertas dengan terigu agar tidak lengket.
4. Tutup dengan kain bersih dan diamkan hingga mengembang 2x lipat (30 - 1 jam) tergantung cuaca dan suhu. Kemudian lubangi bagian tengah dengan spuit.
5.Panaskan minyak cukup banyak lalu goreng donat dengan api kecil ke sedang, setelah kecoklatan di satu sisinya balik. Cukup sekali balik saja agar white ring muncul dan matang merata.
6. Tiriskan donat dengan cara di gantung dengan sumpit/ tusuk gigi. Biarkan dingin.
7. Setelah dingin taburi gula halus/ beri topping sesuai selera.

LihatTutupKomentar