-->

Resep Kue Bakul (Ti Kue /Nian Gao)


Resep Kue Bakul (Ti Kue /Nian Gao)

Bahan :
1 kg tepung beras ketan
1 kg gula pasir
1100 ml air mineral
5 lbr daun pandan
Secukupnya daun pisang
Angco ukuran besar dibelah dua (optional) .

Caranya :
1. Daun pisang dicuci bersih, rebus/panaskan di api biar lemas.
2. Siapkan 6 loyang diameter 10 cm. Alasi dengan daun pisang 3 lapis supaya tidak bocor. Sisihkan.
3. Setengah bagian gula dibuat menjadi karamel, setelah itu masukkan air sedikit-sedikit dari samping. Hati-hati keciprat. Masukkan sisa gula serta daun pandan dan masak sampai semua gula larut. Hasil akhir karamel adalah 1,5 liter. Dinginkan karamel sebelum dipakai
4. Siapkan tepung ketan di baskom, masukkan larutan karamel bertahap. Aduk dengan whisk hingga rata. Kemudian saring. Tutup dan diamkan 1 jam.
5. Setelah 1 jam aduk-aduk adonan dan tuang ke loyang yang sudah dialas daun pisang tadi. Susun angco diatasnya bila pakai.
6. Tutup dengan foil. Kemudian dikukus lebih kurang 4 jam. Dilihat warnanya bila mau lebih gelap boleh ditambah lama kukus nya. Namun jangan lupa setelah dingin warna akan lebih gelap.
7. Tunggu sampai dingin semalaman, baru dikeluarkan dari loyang.

Note :
- Jangan lupa cek dan menambahkan air kukusan. Sebaiknya menggunakan air mendidih supaya kukusan tidak terlalu lama menunggu mendidih setiap penambahan air.
- Boleh pakai 2 tingkat kukusan seperti kukus bapao. Setiap kali ketika menambahkan air kukusan, pindahan yg bawah keatas dan atas ke bawah (tukar posisi)
- 1 resep hasilnya 6 loyang diameter 10cm
LihatTutupKomentar