Inilah Cara Merebus Spaghetti Yang Benar dan Resep Rahasianya



Ketika merebus spaghetti, saat kita angkat ternyata spaghetti-nya belum matang atau terlalu matang, pernah gak? Walaupun jika dilihat terlihat mudah, nyatanya merebus spaghetti itu gampang gampang susah! Spaghetti sendiri akan terasa enak jika disajikan dengan tekstur yang pas dan tidak terlalu lunak. Jadi bagaimana cara merebus spaghetti yang benar? Yuk kita simak tips nya di bawah ini!

Cara Merebus Spaghetti yang Benar

1.     Cara merebus pasta yang pertama yaitu pakai air yang banyak. Pakailah perbandingan 1 liter air untuk merebus 500 gram pasta. Maksut dari memakai air yang banyak adalah agar pasta tidak saling menempel. Pastikan air telah mendidih sebelum memasukkan pastanya ya bunda

2.     Tuangkan garam ke dalam air saat air telah mendidih. Tuangkan satu sendok teh garam setiap satu liter air. Harus diketahui bahwa jika pasta tidak menyerap garam ya bun sehingga tidak akan terasa asin. Memberikan garam ini malah dapat menambah cita rasa gurih serta dapat membuatnya semakin enak.

3.     Banyak opini yg mengatakan jika memasak spaghetti harus ditambahkan minyak. Faktanya penambahan minyak saat memasak spaghetti dapat membuatnya berminyak dan susah untuk menyerap saus pasta. Akibatnya apa, saus tidak bisa tercampur sempurna dengan pasta sehingga membuatnya menggumpal pada dasar piring.

4.     Pasta memiliki jenis yang lumayan banyak, dan memerlukan waktu memasak yang berbeda-beda. Saat merebus spaghetti, aduk rata spaghetti dengan garpu selama 1 - 2 menit agar tidak saling menempel. Akan tetapi tidak disarankan terlalu sering mengaduknya karena dapat membuatnya malah jadi hancur.

5.     Setelah merebus pasta tidak direkomendasikan untuk membilasnya memakai air dingin. Apabila ini dilakukan justru unsur pati akan jadi hilang dan ketika ditambahkan saus jadi tidak lengket dan tidak bisa tercampur sempurna.

6.     Salah satu cara untuk membuat saus pasta yakni memakai sisa air rebusan spaghetti. Pakailah air bekas rebusan tersebut sebanyak 1-2 sendok makan. Air bekas rebusan ini bermanfaat untuk mengentalkan saus karena mengandung pati.

7.     Setelah saus selesai dibuat kemudian campurkan spaghetti dengan saus tadi. Jangan lupa untuk menambahkan air rebusan pasta yang sudah disisakan tadi. Jika bunda memakai teknik ini maka saus yang dihasilkan akan lebih kental, licin, dan juga nikmat!

8.     Sebelum spaghetti disajikan, tambahkan lemak seperti mentega, sedikit minyak zaitun, atau segenggam keju parut ketika masih di dalam panci saus sebanyak 1 sdm saja. Ini akan membuat spaghetti dan saus terasa lebih lezat.

Untuk melihat tingkat kematangan spaghetti, bunda dapat mencicipinya dengan merasakan teksturnya. Selain itu, bunda juga dapat mengambil beberapa pasta yang sedang direbus, lalu potong bagian tengah pasta itu kemudian lihatlah pada bagian tersebut. Jika sudah ada garis kuning yang sedikit lebih gelap dari warna pasta, bisa dipastikan pasta tersebut telah matang.

Nah, cara tersebut bisa bunda praktekkan di rumah ya. Dijamin spaghetti yang bunda masak mempunyai tekstur lembut serta cita rasa lezat.

Jangan lupa share ya, selamat mencoba !

Baca juga : 16 Tips Keren Seputar Dapur Yang Harus Bunda Ketahui

LihatTutupKomentar