-->

16 Tips Keren Seputar Dapur Yang Harus Bunda Ketahui



16 Tips Keren Seputar Dapur Yang Harus Bunda Ketahui

Tips Dapur - Ada yang senang dengan urusan dapur dan masak memasak? Sudah tau belum tentang hal sederhana yang mengganggu tapi sering kita lakukan saat di dapur?
Berikut ini 16 tips yang dapat dilakukan saat sedang berada di dapur:

1. Cara Mengupas Telur Rebus yang Masih Panas
Agar telur rebus mudah dikupas saat masih panas, kita dapat mencelupkan ke dalam air es. Setelah itu kita dapat dengan mudah mengupas cangkang telur tadi.

2. Tusuk atau Lukai Cabe
Agar cabe tidak meletup-letup ketika digoreng, kita dapat menusuk atau melukai sedikit cabe menggunakan pisau sebelum digoreng.

3. Membilas Sayur menggunakan Garam
Ketika mencuci kangkung, genjer atau selada air serta tanaman air lainnya jangan lupa ketika bilasan pertama bubuhkan sesendok garam kemudian diamkan sebentar agar binatang-binatang kecil yang mungkin hidup di daun dan batangnya mati. Biasanya yang suka berdiam disitu lintah, ulat, dan keong. Kembang kol dan brokoli juga sering ada ulatnya, jadi jangan lupa untuk menggunakan cara ini.

4. Cuci Bersih Tahu dan Siram menggunakan Air Panas
Agar tahu lebih awet saat disimpan, cuci bersih menggunakan air, lalu siram air panas, setelah itu lap memakai tisu dapur, simpan di dalam tupperware, tutup rapat, lalu letakkan di dalam kulkas. Jika tahu berkualitas baik maka dapat bertahan selama 1 minggu.

5. Mengetahui Telur Busuk atau Bagus
Untuk mengetahui telur busuk atau bagus bisa menggunakan tes apung air, jika mengapung diatas air itu berarti telur sudah busuk.

6. Stabilkan Suhu Pada Telur yang Akan di Buat Kue
Saat akan mengocok telur untuk membuat kue, pastikan telur dalam keadaan suhu ruang/stabil, jangan dalam keadaan dingin, karena hal ini dapat membuat adonan tidak bisa mengembang.

7. Jangan Simpan Sayur di Kulkas Memakai Plastik Kresek
Ketika menyimpan sayuran di dalam kulkas, jangan menggunakan tas plastik kresek, tetapi gunakanlah majalah bekas atau koran. Sebab dengan cara ini dapat mencegah air embun sayuran menggenang yang dapat membuat sayur cepat busuk.

8. Menetralisir Bau Dalam Kulkas
Untuk menetralisir bau dalam kulkas, belah kentang lalu letakkan di rak kulkas, kentang bisa menghilangkan bau tak sedap dalam kulkas.

9. Gunakan Wajan Khusus untuk Menggoreng Ikan
Agar ikan tidak lengket di penggorengan, gunakan wajan yang khusus untuk menggoreng, jangan sekali-kali menggoreng ikan diwajan yang sering dipakai untuk menumis, karena sudah pasti ikan yang digoreng akan lengket dan hancur waktu dibalik.

10. Menghilangkan Rasa Panas di Tangan Karena Cabe atau Sambal
Untuk menghilangkan rasa panas di tangan akibat terlalu lama berkontak dengan sambal atau cabe, dapat dilakukan dengan cara cuci bersih tangan menggunakan sabun sampai 2 atau 3 kali, lalu di lap, dan masukkan tangan ke dalam beras, benam dan remas-remas beras sebentar, dijamin rasa panas ditangan akan hilang.

11. Agar Mata Tidak Perih Ketika Mengiris Bawang
Agar mata tidak perih waktu mengiris bawang merah, letakkan wadah berisi garam di samping talenan, cara ini bisa menghindarkan mata dari rasa pedih.

12. Menghilangkan Kutu Beras
Agar beras tidak dipenuhi kutu beras, letakkan sebungkus plastik yang berisi beberapa sendok kopi bubuk, lalu beri sedikit lubang pada plastiknya. Kutu beras tidak menyukai aroma kopi, Dalam beberapa saat kutu akan keluar dan tidak akan datang lagi.

13. Membersihkan Peralatan Masak yang Kotor Karena Kunyit
Kalau peralatan masak kusam karena noda dari bumbu yang berwarna seperti kunir/kunyit, atau panci yang terlalu sering dibuat merebus air jadi kekuningan. Segera ambil satu sendok baking soda, beri sedikit air, gosok-gosokkan ke panci, diamkan sebentar, lalu bilas. Jika masih ada noda dapat diulang lagi.

14. Memasak Daun Pepaya Supaya Tidak Pahit
Agar kembang pepaya, daun pepaya dan pare tidak terlalu pahit saat dikonsumsi, sebaiknya di rebus bersamaan menggunakan daun jambu biji (caranya, rebus air, ambil beberapa lembar daun jambu biji, tunggu sampai mendidih, masukkan daun jambu, tunggu sampai kurang lebih 5 menit, masukkan kembang, daun pepaya, pare) diamkan sebentar, lalu matikan api. Setelah itu tiriskan dan siap untuk dimasak sesuai selera.

15. Agar Tempe Tidak Mudah Busuk
Agar tempe tidak mudah busuk, jangan simpan tempe di dekat garam.

16. Cara Menyimpan Daging di Freezer
Ketika menyimpan daging di freezer, pastikan daging tidak keluar masuk freezer berulangkali, karena hal ini dapat membuat bakteri dapat berkembang biak. Sebaiknya potong-potong dulu dagingnya sesuai dengan perkiraan kebutuhan per tiapkali masak lalu simpan di plastik kecil-kecil secara terpisah, sehingga saat akan mengambil, bisa diambil seperlunya saja.

Nah itulah tips keren yang dapat dicoba di dapur.

LihatTutupKomentar