Kenali Jenis Susu Yang Cocok Untuk Membuat Kue mu

 


Kenali Jenis Susu Yang Cocok Untuk Membuat Kue mu 

Pasti semua sudah tahu yang namanya susu ya. Susu memiliki nutrisi penting diantara lain protein, kalsium, vitamin, fosfor, magnesium, zinc, lemak, dan mineral. Susu mempunyai banyak nutrisi dan manfaat yang bagus bagi tubuh seperti menjaga pertumbuhan tulang serta menjaga tulang agar tidak mudah keropos terutama bagi lansia.

 

Biasanya, susu hewani diolah menjadi bentuk lain, terutama produk makanan contohnya yogurt, mentega, keju, es krim, susu kental manis, susu bubuk dan lain sebagainya. Susu asli ataupun susu yang telah diolah dapat dinikmati oleh manusia secara langsung dan dapat juga dijadikan bahan olahan lain seperti roti, kue, dan lainnya.

 

Jenis Susu Untuk Membuat Kue

Pastinya saat mendengar kata ‘susu’ akan terpikir secara langsung dengan minuman atau bahan membuat kue. Kue memang identik dengan susu dan makanan penutup yang manis. Susu yang digunakan juga ternyata terdapat berbagai macam jenis sesuai dengan kebutuhan bahan kue tersebut. Di bawah ini adalah beragam jenis susu yang biasa digunakan untuk membuat kue:

 

Susu Pasteurisasi

Susu pasteurisasi adalah susu sapi murni yang sudah mengalami proses pemanasan dengan suhu 72 – 75° C selama 15 detik untuk membasmi organisme yang merugikan, termasuk bakteri pembusuk sehingga susu menjadi lebih tahan lama. Setelah itu, lalu didinginkan pada suhu 10° C, kemudian dikemas di dalam karton steril atau botol. Susu ini bisa tahan sampai berhari-hari di dalam lemari es. Susu jenis ini dapat dipakai dalam pembuatan olahan minuman segar dan kue basah.

 

Susu UHT

Susu UHT adalah kepanjangan dari Ultra Heat Treatment, artinya diproses menggunakan suhu tinggi sesudah pemerasan. Susu dipanaskan selama 2-3 detik pada suhu 135-150° C dan kemudian didinginkan sampai 4-5°C. Cara ini dilakukan agar susu bebas dari mikroba. Susu UHT biasanya diproses dengan cepat ketika pengemasan agar keadaan susu tetap steril dan bisa dipakai dalam waktu jangka panjang. Selain jadi susu yang praktis dinikmati setiap hari, susu UHT juga bisa dipakai sebagai tambahan milkshake, sereal, membuat kue, dan pudding.

 

Susu Bubuk

Susu bubuk mengalami proses pengeringan atau dapat dikatakan diproses dengan cara pembuangan kadar air. Kandungan air dalam susu bubuk sangat rendah yaitu sekitar 5% sehingga susu bubuk dapat lebih tahan lama dan mudah diolah. Banyak dari masyarakat menjadikan susu bubuk sebagai minuman yang diseduh memakai air untuk konsumsi sehari-hari. Susu bubuk juga sering digunakan dalam bahan baku pembuatan donat dan kue kering.

 

Susu Full Cream

Susu full cream adalah susu segar yang telah dipasteurisasi dan dalam bentuk cair atau bubuk. Susu full cream mempunyai kadar lemak yang tinggi yaitu sekitar 3% sehingga aroma susu full cream lebih kuat dibandingkan jenis susu yang lainnya. Rasa susu yang creamy ini sangat cocok untuk pembuatan saus pasta atau sebagai tambahan adonan roti, bolu panggang, serta kue kering.

 

Susu Kental Manis (SKM)

Susu kental manis yaitu susu yang mempunyai tekstur kental dan rasa manis yang lebih banyak dibandingkan dengan susu lain karena adanya campuran gula. Susu kental manis jadi favorit hampir setiap orang untuk dipakai sebagai siraman roti saat sarapan, disiram diatas pudding, martabak manis, serta makanan lainnya. Jika telah memakai susu kental manis dalam makanan, kita bisa mengurangi pemakaian gula, karena rasanya sudah manis sekali.

Nah, sekarang kita bisa memilih susu apa yang akan digunakan sesuai kebutuhan.



ARTIKEL BERIKUTNYA Next Post
ARTIKEL SEBELUMNYA Previous Post
ARTIKEL BERIKUTNYA Next Post
ARTIKEL SEBELUMNYA Previous Post