Cara Membersihkan Pemanggang Roti Dengan Benar dan Mudah



Cara Membersihkan Pemanggang Roti Dengan Benar dan Mudah

Bunda mempunyai toaster atau pemanggang  roti di rumah? Peralatan masak satu ini memang memudahkan kita untuk menyiapkan roti panggang dipagi hari secara instan tanpa perlu takut gosong.


Bagi yang ragu untuk membeli alat ini, mungkin karena bingung bagaimana cara membersihkannya, ya? Sekalipun yang sudah memiliki pun belum tentu tahu cara membersihkannya dengan benar. Mari, ikuti cara mudah membersihkan pemanggang roti agar selalu bersih setiap hari dan juga awet.


Sebelum membersihkan, pastikan pemanggang roti dalam keadaan mati dan kabelnya tidak terhubung ke sumber listrik, karena bisa bahaya. Pemanggang roti juga harus dalam keadaan dingin. Ketika pemanggang roti baru saja dipakai, biarkan setidaknya satu jam dahulu untuk mendinginkan pemanggang.


1. Bersihkan baki penampung remah

Biasanya, pemanggang roti mempunyai bagian crumb tray di bagian bawah yang bermanfaat sebagai wadah penampung remah roti. Kalau pemanggang bunda mempunyai crumb tray, tarik perlahan untuk mengeluarkan wadah penampung remah roti, kemudian buang semua sisa remah roti.

Bersihkan crumb tray menggunakan sabun cuci piring. Untuk bagian yang susah dijangkau, pakailah sikat gigi untuk membersihkannya. Lalu, bilas seluruhnya dan pastikan crumb tray sudah kering sepenuhnya sebelum dipasang lagi pada pemanggang roti.


 2. Goyang dan balik perlahan pemanggang roti

Kalau pemanggang roti bunda tidak mempunyai crumb tray, cukup balikkan pemanggang kemudian goyangkan perlahan secara hati-hati hingga remah-remah rotinya berjatuhan. Lakukan ini di atas wadah yang sudah diberi alas koran, agar remah tersebut gampang dibuang dan tidak mengotori meja atau lantai.


3. Pakailah kuas kecil lembut

Biasanya remah roti ini tertinggal di sela-sela pemanggang roti. Pakailah kuas kecil yang lembut untuk menjangkau sudut-sudut sempit di sisi pemanggang yang susah dibersihkan.

Miringkan dan balik pemanggang agar remah-remah roti mudah keluar. Sapukan kuas berulang-ulang sampai remahan roti keluar semua dari panggangan.


4. Bersihkan bagian luar

Kemudian, bersihkan pada bagian luar pemanggang menggunakan campuran air dan sabun cuci piring yang dituangkan sedikit pada lap kain bersih. Jadi, bukan hanya bagian dalam pemanggang saja yang harus dibersihkan, agar selalu terlihat bersih maka bagian luar pemanggang juga harus dibersihkan.

Lap seluruh bagian luar pemanggang sampai bersih. Pakailah sikat gigiatau kuas lembut untuk membersihkan bagian luar pemanggang yang susah terjangkau kain.

Bersihkan semua sisi pemanggang sampai bersih. Ketika membersihkan, pastikan logam pemanas dan tempet roti pada pemangang roti tidak terkena air, ya.

Itulah cara membersihkan pemanggang roti dengan benar dan mudah.

ARTIKEL BERIKUTNYA Next Post
ARTIKEL SEBELUMNYA Previous Post
ARTIKEL BERIKUTNYA Next Post
ARTIKEL SEBELUMNYA Previous Post