-->

Cara Membuat Bakpao Isi Kelapa, Lembut dan Enak

 

cara membuat bakpao isi kelapa - by @auroraskitchen_

Cara Membuat Bakpao Isi Kelapa, Lembut dan Enak

Bakpao merupakan makanan yang semua orang pasti sudah sering makan. Isiannya juga bermacam-macam, ada coklat, ayam, selai strawberry dan lainnya. Kali ini saya akan membagikan resep bakpao isi kelapa. Cara membuatnya juga mudah. Yuk simak resepnya berikut ini.

 

Bahan :
- 250 gr tepung kunci
- 15 gr mentega putih
- 15 gr gula pasir
- 65 ml santan instant
- 3 gr ragi instant
- 90 ml air
- Sejumput garam
- pasta pandan secukupnya

Bahan isian :
- 100 gr kelapa setengah tua, parut
- 60 gr gula pasir
- 50 ml air
- Sejumput garam

Cara Membuat Bakpao Isi Kelapa :
- Langkah pertama buat terlebih dahulu untuk bahan isian, masak air dan gula pasir sampai larut, kemudian tambahkan garam, aduk-aduk lalu masukkan kelapa parut. Masak sampai airnya menyusut, pakai api kecil aja. Jika sudah sisihkan.
- Selanjutnya larutkan air bersama santan, gula pasir, kemudian beri pasta pandan secukupnya, aduk sampai rata dan sisihkan.
- Siapkan bowl lalu masukkan tepung terigu dan juga ragi, aduk rata kemudian masukkan air santan yang sudah dilarutkan tadi secara bertahap sambil di mixer perlahan sampai semua tercampur rata. Mixer sampai setengah kalis, lalu masukkan garam dan juga mentega putih, mixer lagi adonan sampai kalis dan lembut.
- Bagi adonan menjadi 8 dengan masing-masing berat @ 53 gr, rounding kemudian tutup dengan serbet bersih supaya permukaan bakpao tidak kering. Ambil satu adonan rounding dan ratakan menggunakan rolling pin, tekan-tekan pinggiran adonan biarkan bagian tengahnya agak tebal kemudian beri isian kelapa. Tutup dan rapatkan adonan, rounding sebentar kemudian beri alas kertas bakpao. Lakukan sampai adonan habis.
- Tutup adonan bakpao menggunakan serbet bersih kemudian diamkan selama 30 menit sampai mengembang. Panaskan panci pengukus, Tuangkan air 1 liter saja jangan terlalu banyak.
- Selanjutnya kukus bakpao menggunakan api sedang selama kurang lebih 8 menit. Matikan api kompor kemudian diamkan sebentar selama 1 menit baru kemudian buka tutup panci. Angkat dan sajikan bakpao isi kelapa.

 

Nah, itulah tadi cara membuat bakpao isi kelapa yang bisa bunda coba di rumah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa bagikan resepnya.

 

Baca juga : Resep Bakpao Mini

LihatTutupKomentar