-->

8 Tips Memilih Rice Cooker Terbaik Sesuai Kebutuhan

tips memilih rice cooker yang bagus

8 Tips Memilih Rice Cooker Terbaik Sesuai Kebutuhan

Ketika bunda menanak nasi menggunakan rice cooker, kadang nasi yang dihasilkan kurang begitu nikmat karena pemilihan rice cooker yang keliru. Oleh karena itu bunda harus memperhatikan jenis rice cooker terbaik untuk menghasilkan nasi yang enak, pulen, dan juga tahan lama.

 

Di pasaran saat ini sudah banyak sekali produk rice cooker multifungsi yang tidak cuma bisa menanak nasi saja, tetapi juga berfungsi untuk mengukus, menghangatkan dan juga memasak masakan.

 

Tips Memilih Rice Cooker Terbaik dan Tepat

Umumnya rice cooker dibuat untuk mempermudah bunda dalam menanak nasi dengan praktis dan menghasilkan nasi yang enak. Rice cooker ini dapat memasak nasi dengan menggunakan metode penyerapan, namun tentu bunda harus mengukur beras serta air secara tepat supaya hasil nasinya nanti benar-benar bagus dan enak.

 

Produk rice cooker di pasaran sangatlah banyak dan mempunyai cara kerja dan fungsi yang sama. Lalu, bagaimana tips memilih rice cooker terbaik dan sesuai kebutuhan? Yuk simak tipsnya berikut ini!

 

1. Pilihlah Berdasarkan Kapasitas

Tips pertama dalam memilih rice cooker yang bagus adalah dengan memperhatikan kapasitas dari rice cooker tersebut. Jika digunakan untuk kebutuhan di rumah, rice cooker dengan kapasitas kecil atau sedang bisa menjadi pilihan yang tepat bagi bunda.

 

Tetapi jika digunakan untuk menjalankan suatu usaha, rice cooker dengan kapasitas besar adalah pilihan yang tepat karena dapat menghemat tenaga dan listrik.

 

2. Perhatikan Fitur Rice Cooker

Tidak semua rice cooker mempunyai fitur yang sama. Beberapa rice cooker hanya berfungsi untuk menanak nasi saja, namun ada juga yang sekaligus sebagai penghangat, dan ada juga yang sekaligus berfungsi untuk memasak masakan atau kue.

 

Di samping itu, terdapat juga beberapa fitur misalnya quick cook, keep warm, steam tray, slow cook dan delay timer logic smart pada rice cooker, tentunya hal ini akan berdampak pula pada harga rice cooker. Sebaiknya bunda memilih produk yang memang sesuai dengan kebutuhan saja.

 

3. Perhatikan Juga Kemudahan Dalam Penggunaan

Untuk menggunakan rice cooker cukup mudah, tetapi kita juga harus memperhatikan beberapa hal misalnya tingkat kesulitan dalam membersihkan mangkuk anti lengket, bentuk pegangan yang mudah dipindahkan dan diangkat, kabel yang bisa dilepas, dan juga instruksi petunjuk yang mudah dipahami dan sederhana.

 

4. Perhatikan Jenis Tutup Rice Cooker

Tips memilih rice cooker terbaik selanjutnya adalah mengenai tutupnya. Tutup rice cooker termasuk bagian yang penting sebab berfungsi untuk mengatur uap nasi. Oleh karena itu, pilihlah rice cooker yang tutupnya mudah dilepas dan dipasang supaya maksimal dalam proses pembersihannya.

 

Di samping itu, beberapa produk rice cooker saat ini mempunyai tutup yang transparan yang tentu saja memudahkan bunda untuk dapat melihat langsung proses menanak nasi.

sumber gambar : boombastis.com

5. Perhatikan Kelengkapan Aksesoris

Biasanya rice cooker juga menyediakan beberapa aksesoris dalam satu paket penjualan, misalnya spatula atau sendok untuk nasi, gelas untuk menakar beras dan air serta panci untuk menanak nasi. Bunda dapat memilih rice cooker yang menyediakan aksesoris yang lengkap.

 

6. Perhatikan Harga

Kapasitas rice cooker yang semakin besar dan semakin komplit fitur yang ditawarkan, maka harga rice cooker ini pun akan semakin mahal. Saat ini bunda dapat membeli rice cooker dengan harga termurah Rp 200 ribu hingga harga termahal Rp 4 jutaan. Jadi sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang tersedia.

 

7. Pertimbangkan Juga Merek

Di samping harga, produk-produk rice cooker di pasaran hadir dengan bermacam-macam merek. Sebaiknya, bunda memilih rice cooker yang memiliki merk yang terkenal. Hal ini tentu saja untuk menjamin kualitasnya. Hal yang juga harus diperhatikan yaitu masa garansi yang diberikan pada produk rice cooker yang ditawarkan.

 

Bunda tidak perlu bingung dalam menentukan dan mempertimbangkan merk, ceklist.id merupakan rekomendasi yang tepat dalam memilih Rice Cooker Terbaik.

 

8. Perhatikan Bahan Yang Dipakai

Tips terakhir dalam memilih rice cooker terbaik adalah dengan memperhatikan bahan yang digunakan. Ketika memilih bahan panci untuk rice cooker merupakan hal yang penting. Setiap bahan panci akan berpengaruh pada rasa nasi yang dihasilkan. Lalu apa saja bahan panci yang biasa digunakan?  

 

Bahan Baja

Panci dengan bahan baja sangat cocok bagi bunda yang menginginkan menanak nasi dengan cepat, karena bahan baja merupakan penghantar panas dengan tingkat panas yang tinggi. Untuk produk berbahan baja ini juga tersedia dengan berbagai varian harga, semakin mahal harganya akan menentukan nasi yang dihasilkan. Sebaiknya bunda berhati-hati dalam mengangkat, karena bahan dari baja lumayan berat.

 

Bahan Tembaga

Bahan tembaga memiliki penghantar panas tinggi yang lebih cepat menghantarkan panas dibandingkan bahan baja. Panci dengan bahan tembaga ini juga akan menghasilkan nasi yang enak, pulen dan matang merata. Beberapa merk terkenal juga telah menerapkan bahan multi-layer serta mencampurkan bahan tembaga dengan bahan lain supaya lapisan akan semakin tebal.

 

Bahan Keramik

Bagi bunda yang ingin membutuhkan fitur penghangat pada rice cooker, panci dengan bahan keramik adalah pilihan yang terbaik. Bahan keramik bisa menyimpan panas dengan maksimal sehingga suhu panas dapat terjaga. Nasi yang dihasilkan juga enak dan memiliki tingkat kematangan yang pas.

 

Sebaiknya bunda harus berhati-hati ketika mencucinya, karena bahan ini mudah pecah jika dibandingkan bahan yang lain. Rice cooker dengan bahan panci dari keramik ini banyak diminati sebab memiliki harga yang terjangkau.

 

Nah, itulah tadi beberapa tips memilih rice cooker terbaik sesuai kebutuhan bunda. Semoga tips ini bermanfaat dan bisa menjadi rekomendasi bunda dalam membeli rice cooker.

LihatTutupKomentar