-->

Resep Wajik Ketan Gula Merah Legit dan Enak



Resep Wajik Ketan Gula Merah Legit dan Enak


Udah pengen bikin wajik dari kapan hari, tapi baru sempat bikin. Dulu nggak suka jajanan ini karena kadang ada yang agak keras. Tapi untung saja bikin pertama kali hasilnya lembut, legit dan manisnya pas jadi tidak eneg. Nah yuk kita simak resep wajik ketan gula merah legit berikut ini.


Bahan :
- 500 gr beras ketan
- 300 ml santan kental
- 350 ml santan cair
- 200 gr gula merah
- 100 gr gula pasir
- 1 sdt garam
- 10 lembar daun pandan
- vanilli bubuk, sedikit saja

Cara membuat wajik ketan gula merah legit :
1. Beras ketan yang sudah direndam, dicuci bersih kemudian ditiriskan. Masukkan ke wajan tambahkan santan cair, garam dan 5 lembar daun pandan. Aduk rata sampai santan agak kering, angkat dan pindahkan ke kukusan. Kukus sampai matang, angkat lalu sisihkan.
2. Masak santan kental, brown sugar, gula pasir, 5 lembar daun pandan dengan api kecil sedang sampai mendidih dan gula larut, sambil diaduk-aduk. Setelah gula larut, angkat dan saring.
3. Pindahkan ke wajan anti lengket dan masak dengan api kecil sampai agak mengental, lalu tambahkan vanilli bubuk sedikit. Masukkan ketan yang telah dikukus matang. Aduk-aduk dan masak terus sampai agak mengering dan sampai terlihat bentuk butiran ketannya. Warna juga agak mengkilat ( bisa dites
dengan sendok plastik/ spatula plastik, dengan cara diaduk- aduk. Bila adonan tidak lengket di sendok berarti sudah ok). 
4. Angkat dan masukkan ke loyang, padatkan dengan cara ditekan-tekan sampai rata. Dinginkan sampai benar-benar dingin, baru dipotong-potong.

Terimakasih sudah membaca Resep Wajik Ketan Gula Merah Legit dan Enak, semoga bermanfaat.


LihatTutupKomentar