-->

Cara Menghilangkan Rasa Pahit Pare Supaya Lebih Nikmat

 


Pare termasuk sayuran yang terkenal akan rasa pahitnya, dan hanya mendengar namanya saja rasa pahit pare akan langsung terbayangkan. Sebenarnya kenikmatan sayur pare terletak pada rasa pahitnya ini. 


Tetapi, kenyataannya banyak orang yang menghindari memakan pare karena rasanya ini. Sayur pare dapat dimasak menjadi berbagai macam olahan yang lezat dengan rasa pahitnya. Bagi anda yang ingin merasakan kenikmatan sayur pare tetapi tidak suka dengan rasa pahitnya jangan khawatir, karena rasa pahit sayur pare tersebut dapat dihilangkan dan diatasi dengan cara tradisional.


Cara menghilangkan rasa pahit pada sayur pare ini sangat efektif, dan cara seperti ini sudah digunakan sejak jaman dahulu. Nah, di bawah ini tips menghilangkan rasa pahit pada pare yang dapat dilakukan.


CARA MENGHILANGKAN RASA PAHIT PARE SUPAYA LEBIH NIKMAT


1. GARAM

Cara ampuh untuk menghilangkan rasa pahit pada sayuran termasuk pare adalah menggunakan garam. Cara ini cukup mudah. Caranya yaitu, potong pare yang akan dimasak menjadi dua bagian. Kemudian buang biji pare, dan juga bersihkan selaput pare yang ada di bagian dalamnya. Selanjutnya, iris sayur pare tipis-tipis. Ambil garam secukupnya lalu taburkan garam pada potongan pare. Remas-remas pare yang telah diberi garam tersebut sampai pare lemas. Kemudian diamkan pare selama kira-kira 15 menit. Setelah itu, cuci pare sampai bersih menggunakan air mengalir.


Kemudian, pare siap untuk diolah sesuai dengan keinginan anda. Selain cara ini, menghilangkan rasa pahit pada pare juga dapat dengan cara merebus pare dengan memakai air yang telah dicampur garam. Rebus pare sampai setengah empuk. Kemudian, tiriskan air rebusan pare. Jika sudah, dapat langsung memasaknya.


2. GULA PASIR

Tips menghilangkan rasa pahit pada pare dengan memakai gula pasir tidak beda jauh seperti memakai garam. Kita dapat meremas pare yang sebelumnya telah ditaburi gula pasir. Meremas pare ini bertujuan supaya cairan rasa pahit pare ini bisa keluar dan hilang. Sehingga dengan begitu, rasa pahit sayur pare akan hilang.


3. TANAH LIAT

Selain digunakan untuk bangunan atau membuat barang-barang tertentu, tanah liat juga ternyata bisa membantu kita untuk menghilangkan rasa pahit pada sayur pare. Caranya yaitu, rebus pare yang akan anda olah bersama dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya sudah dibersihkan. Untuk mendapatkan lepengan tanah liat ini, anda tidak akan kesusahan karena bisa dibeli di pasar tradisional. Biasanya tanah liat yang dibeli dipasar ini dinamai ampo.


4. BUMBU MASAK

Pare akan begitu lezat apabila dimasak menggunakan tambahan bumbu yang beraneka ragam. Bumbu yang digunakan untuk mengolah pare tersebut dapat membantu menetralisir rasa pahit pada pare. Rasa pahit pada pare ini tidak akan terasa karena lezatnya olahan pare ini karena menggunakan beragam bumbu yang nikmat.


5. DAUN JAMBU BIJI

Merebus pare memakai daun jambu biji akan membantu menghilangkan rasa pahit pada pare. Sebelum pare direbus dengan jambu biji, anda bisa meremas terlebih dahulu daun jambu yang telah disiapkan. Caranya adalah dengan merebus pare bersama daun jambu biji selama kira-kira 5 menit atau sampai pare menjadi setengah matang. Jika anda akan memasak 1/2 kg pare, maka anda dapat merebusnya dengan memakai 10 lembar daun jambu biji. Dengan cara tradisional seperti di atas, olahan pare yang dibuat akan menjadi lebih nikmat dan lezat. Selamat mencoba.

LihatTutupKomentar