-->

Tips Mencuci Botol Minum Agar Tak Jadi Sarang Kuman


Tips Cuci Botol Minuman - Botol minuman perlu dicuci rutin supaya tidak menjadi sarang kuman yang membahayakan kesehatan. Yuk, intip cara membersihkannya!
Botol minum plastik yang dapat dipakai berkali-kali kini menjadi pilihan banyak orang karena lebih ramah lingkungan. Namun jenis botol yang dipakai tidak boleh sembarangan, pilihlah yang ada label food grade untuk menjamin kualitasnya.
Biasanya botol minuman ini digunakan terus-menerus, bahkan tidak dicuci selama berhari-hari. Padahal kebersihan botol plastik mesti dijaga. Ada tips penting mencuci botol minuman supaya tak menjadi sarang kuman yang membahayakan kesehatan.
Botol minum yang dapat digunakan kembali haruslah dibersihkan dan disanitasi secara rutin untuk membunuh semua patogen yang mungkin tumbuh.
Untuk mencuci botol minum sampai bersih ada beberapa cara yang perlu diperhatikan. Botol minuman dapat dibersihkan menggunakan sabun pencuci piring biasa. Dapat juga direndam di dalam air hangat yang sudah dicampurkan sabun, kemudian bilas menggunakan air mengalir.
Selain menggunakan sabun pencuci piring, bunda juga dapat mencucinya dengan racikan air dan soda kue, apalagi bila botol mempunyai bau tidak sedap. Masukkan racikan tersebut ke dalam botol minum kemudian diamkan selama 10 menit, lalu bilas sampai bersih.
 Disarankan juga untuk membiarkan botol minum di rak wastafel pencuci piring sampai benar-benar kering baru diisi dengan air minum. Dapat juga disimpan di dalam kulkas untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan kuman.
Jika sudah mengetahui cara mencuci botol minuman yang benar, Disarankan juga untuk membersihkan botol minuman setiap hari meskipun botol minum terlihat bersih. Kuncinya jangan tertipu dengan tampilan botol karena meski terlihat bersih, sangat mungkin bakteri dan kuman bersarang.
Hal lain yang juga dapat jadi indikator kapan harus cuci botol minuman adalah permukaan yang berlendir atau licin. Perhatikan juga aroma dan baunya. Kalau sudah ada bau-bau tidak wajar, segeralah cuci botol minum.


LihatTutupKomentar