-->

Kentang Mustofa Renyah


Kentang Mustofa Renyah

Bahan :
500 g kentang, kupas
3 lembar daun salam
4 sdm gula pasir
¼ sdt kaldu bubuk
50 ml air rendaman asam jawa
garam sesuai selera

Bumbu halus :
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
10 buah cabe keriting merah
5 buah cabe rawit merah

Cara Membuat Kentang Mustofa Renyah :
- Potong kentang sebesar korek api, atau parut dengan parutan khusus. Rendam dengan air yang sudah ditambah 1 sdt garam, remas-remas. Tiriskan beberapa saat ketika akan digoreng.
- Panaskan minyak yang banyak, goreng kentang dengan api sedang. Jangan diaduk sampai kentang terlihat mengambang dan mulai terpisah sendiri. Aduk sesekali. Saat pinggiran kentang terlihat sudah mulai menguning kecokelatan, Kecilkan api, aduk sesekali dan masak sampai garing kecokelatan seluruhnya. Angkat, tiriskan dengan tissue dapur.
- Tumis bumbu halus bersama daun salam sampai wangi, masukkan gula pasir, garam,  kaldu bubuk dan air asam jawa. Aduk-aduk. Saat ini akan terbentuk buih-buih kecil di pinggiran wajan. Aduk lagi sampai buih berubah jadi letupan-letupan yang lebih besar di bagian tengah wajan. Ini adalah tanda bumbu kentang sudah siap untuk dicampur.
- Jika banyak minyak berlebih boleh dibuang terlebih dahulu
- Set api paling kecil, masukkan kentang goreng lalu aduk sampai kentang tersalut rata.
- Matikan api, tuang kentang ke wadah yang lebar, lalu pisah-pisahkan agar tidak saling menempel dan tunggu sampai dingin. Sajikan atau simpan di wadah bertutup.

Tips :
- Terakhir bisa ditabur kacang goreng, bawang goreng atau irisan daun jeruk
- Ini bisa jadi topping nasi kuning/nasi uduk juga.
LihatTutupKomentar