-->

Resep Sapi Presto Bumbu Bali


Resep Sapi Presto Bumbu Bali
Bahan :
- 500gr daging sapi
- 2 btr jeruk nipis
- secukupnya air
- secukupnya minyak goreng

Bumbu halus :
- 10 btr bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 15 cabai merah keriting
- 4 btr kemiri
- ½ sdt lada butiran

Bumbu Pelengkap :
- 15 cabai rawit utuh (sesuai selera)
- 6 sdm kecap manis (sesuai selera)
- 1 sdt garam
- 1 sdt gula pasir (sesuai selera)
- 2 btg serai (memarkan)
- 4 lembar daun jeruk
- 2 lembar daun salam
- 1 ruas jahe (memarkan)
- secukupnya air asam jawa
- penyedap rasa (saya pakai Totole)

Cara Memasak Sapi Presto Bumbu Bali :
- Cuci bersih daging sapi yang sudah dipotong-potong lalu lumuri dengan air perasan jeruk nipis, diamkan sesaat lalu bilas dengan air bersih yang mengalir.
- Rebus daging kurang lebih 30 menit untuk mengeluarkan kotoran dan lemaknya, buang air rebusan. Rebus ulang daging kurang lebih 20-30 menit lagi untuk mendapatkan kuah kaldunya lalu sisihkan.
- Siapkan wajan penggorengan untuk menumis bumbu halusnya (saya langsung menumis dalam panci presto). Tumis sampai tercium aroma harum lalu masukkan bumbu pelengkap lainnya dan tambahkan secukupnya air, aduk-aduk rata sampai mendidih sambil test rasanya.
- Jika sudah pas rasanya kemudian masukkan daging sapi dan kuah kaldunya. Aduk rata lagi, lalu tutup panci prestonya. Masak kurang lebih 15-20 menit terhitung dari panci mengeluarkan bunyi.
- Jika menginginkan masakan yang masih berkuah, dipresto sebentar saja kurang lebih 10 menit karena daging sudah direbus 2x sebelumnya. Tapi jika ingin yang setengah kering (asat airnya) prestonya bisa 15-20 menit.
LihatTutupKomentar