-->

Resep Bolu Tape


Resep Bolu Tape

Bahan A :
175 gr tape singkong (pilih yang matang tapi tidak berair)
30 gr susu kental manis
1/2 sdt vanilla extract

Bahan B :
6 butir kuning telur
4 butir putih telur
150 gr gula pasir (sesuai selera)
10 gr cake emulsifier

Bahan C :
150 gr tepung protein sedang
25 gr susu bubuk
15 gr tepung maizena
2 gr baking powder (boleh skip)
2 gr garam
Ayak, sisihkan

Bahan D :
150 gr GOLD BULLION Grand (Campuran Margarin & Mentega) - (lumerkan)

Topping :
Keju cheddar parut
Cranberry

Cara membuat bolu tape :
1. Buang sumbu tape, mixer/blender semua bahan A sampai benar-benar halus, sisihkan. (tape jangan ada air, bisa dilap air nya pakai tissue)
2. Campur dan mixer semua bahan B hingga mengembang kental berjejak selama 15 menitan dengan speed tinggi. (step paling penting, adonan harus sampai putih, kental dan berjejak)
3. Setelah mengembang kental berjejak turunkan ke speed terendah, masukkan tape yang sudah dihaluskan, mixer asal rata saja sambil sesekali aduk pakai spatula supaya tape tidak mengendap dibawah wadah
4. Kemudian tuang semua bahan C yang sudah diayak, tuang dalam 2 tahap. aduk menggunakan spatula hingga rata. (jangan overmix)
5. Masukkan GOLD BULLION Grand yang telah dilumerkan, aduk balik dengan spatula hingga tercampur rata (jangan overmix karena kue bisa bantat)
6. Tuang adonan ke dalam loyang tulban yang sudah dioles margarin dan tabur tepung terigu, beri taburan keju parut dan cranberry / sesuai selera (saya pakai loyang diameter 20cm)
7. Oven dengan suhu 175 derajat celcius selama 40 - 45 menit pakai api atas bawah atau hingga matang sesuaikan dengan suhu oven masing-masing
Lakukan test tusuk
Tunggu dingin, lalu keluarkan kue dan potong sesuai selera.
LihatTutupKomentar