-->

Cara Membuat Kimchi Sederhana



CARA MEMBUAT KIMCHI SEDERHANA

Kimchi adalah masakan khas dari korea

Bahan-bahan :
1. Sawi putih sebanyak 1 buah besar
2. Lobak putih, iris memanjang tipis sebanyak ½ bagian
3. Daun bawang sebanyak 4 batang yang diiris kecil
4. Bawang putih sebanyak 4 siung yang dihaluskan
5. Jahe sebesar 1 ruas jempol yang sudah digeprak
6. Bubuk cabe sebanyak 6 sdm (bisa instan atau buat sendiri)
7. Garam sebanyak 2 sdt
8. Gula sebanyak 1 sdm
9. Garam kasar sebanyak ½ gelas
10. Saus ikan sebanyak 2 sdm
11. Air secukupnya

Cara Membuat Kimchi dengan Mudah di Rumah :

1. Cara membuat kimchi bisa dengan mudah anda buat sendiri di rumah, selain dapat bertahan lama, makanan ini juga memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh.

2. Bersihkan bahan utama (sawi yang masih utuh dan lobak yang telah dipotong-potong).

3. Masukkan bahan utama tadi dalam baskom, lalu berikan tambahan garam kasar. Berikan air hingga menutupi permukaan bahan, diamkan sekitar 6 jam.

4. Setelah 6 jam berlalu, ambil sawi dan bersihkan dengan air mengalir hingga bersih, bahkan ke bagian dalam sawi, untuk memudahkan proses mencuci, anda bisa membagi sawi menjadi 2 bagian.

5. Kembalikan sawi dalam baskom kosong bersama lobak, lalu tambahkan bubuk cabe, gula, jahe, garam, daun bawang, bawang putih, dan saus ikan. Balurkan semua bumbu ke sawi dan lobak secara merata hingga ke seluruh bagian.

6. Jika dirasa bumbu sudah merata ke semua bagian, masukkan adonan kimchi ini dalam wadah tertutup dan kedap udara, atau anda bisa membungkusnya dengan wrapping plastic. Dan tunggu hingga dua hari agar bumbu benar-benar meresap dengan sempurna.

Setelah dua hari berlalu, maka kimchi yang anda buat siap untuk dimakan bersama keluarga. Potong sawi dalam bagian yang lebih kecil untuk memudahkan proses konsumsi kimchi. Memakanya dengan nasi hangat di tangah suasana dingin akan menambah nikmat kimchi
LihatTutupKomentar